Pelni Medan Datangkan 1 Unit KM Doloronda Antisipasi Lonjakan Penumpang

mediasumutku.com | MEDAN – Hadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Pelni Cabang Medan menambah satu unit kapal, KM Doloronda, pendamping KM Kelud yang selama ini rutin membawa penumpang seminggu sekali dari Pelabuhan Belawan.

Penambahan satu unit KM Doloronda untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. KM Doloronda selama ini melayani rute ke kawasan Timor. Jadwal berangkat dari Pelabuhan Belawan hanya sekali, Sabtu siang 21 Desember 2019.

“Saat ini permintaan tiket masih biasa dan masih sesuai kapasitas. Ada dispensasi tambahan seat dari Kantor Pusat, namun belum bisa digunakan,” kata Kepala Cabang Pelni Medan, Lufti Israr Sutan, Jumat (20/12).

Jadwal keberangkatan KM Kelud dari Pelabuhan Belawan selama ini setiap hari Selasa, berubah menjadi Jumat 20 Desember 2019. Tiba pagi di Belawan dan berangkat hari itu juga. Kemudian tiba Minggu siang, 22 Desember, dan berangkat sore harinya.

Seterusnya, Selasa 24 Desember tiba sore hari dan berangkat 25 Desember pagi pukul 10.00 WIB. Khusus KM Doloronda, tiba 21 Desember pagi dan berangkat siang hari.

“Frekuensi keberangkatan jadi 3 kali, tanggal 20, 22 dan 25 Desember 2019,” ujarnya.

Lufti menyebut, seat terbanyak dibeli penumpang yakni 80 persen jurusan Batam, 20 persen Tanjung Balai Karimun, selebihnya ke Tanjun Priok. Harga tiket ekonomi Belawan-Batam Rp 230.000.

Saat peak-seasion, Pelni khusus melayani rute Belawan-Batam. Namun mulai 25 Desember dan 30 Desember, melayani rute Tanjung Priok dengan menyinggahi Tanjung Balai Karimun, Kijang, dan Batam.

“Selama perjalanan, para penumpang mendapat fasilitas makan, mandi, hiburan, dan lainnya,” ucap Lutfi.

Add a Comment