Pangdam I/BB Pimpin Upacara Pemakaman Kapten Inf Anumerta Erizal Sidabutar

mediasumutku.com | MEDAN – Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah, memimpin langsung upacara militer penyambutan jenazah Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar di Terminal Cargo Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Kamis (19/12) pukul 23.00 WIB.

Upacara militer penyambutan anak kedua dari pasangan Aiptu Rukur Sidabutar yang bertugas di Polres Dairi dan ibu bernama Elizabeth Christina br Siahaan itu diikuti pejabat TNI dan Polri wilayah Sumatera Utara. (Sumut).

Di antara pejabat TNI dan Polri yang hadir adalah Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin Siregar, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Untung Budiharto, Wakapoldasu, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Kabindasu, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, PJU Kodam I /BB dan Kabidprovap Poldasu.

Dalam upacara militer ini, Pangdam I/BB bertindak sebagai Inspektur Upacara. Selesai upacara, pukul 23.40 WIB, jenazah Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar diberangkatkan dengan Ambulans Kodim 0201/BS menuju Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Pangdam mengatakan, berdasarkan permintaan pihak keluarga, jenazah almarhum akan dikebumikan di kampung halamannya di Sidikalang usai Salat Jumat (20/12). Atas peristiwa tersebut pihaknya bersama seluruh jajaran TNI-Polri merasa sangat berduka.

“Kita semua berduka. Beliau adalah prajurit terbaik. Kita semua, sebagai senior dan sebagai sesama prajurit memberikan rasa bangga dan hormat kepada almarhum. Karena almarhum telah benar-benar memberikan pengabdian terbaiknya kepada bangsa dan negara,” kata Pangdam.

“Pengabdian dan semangat almarhum semasa hidupnya sangat diharapkan bisa terbawa kepada semua prajurit yang ada, dan kepada pihak keluarga, kami bermohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kekuatan, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini,” tambah Mayjen Fadhilah.

Mayjen Fadhilah mengungkapkan, atas jasa dan pengabdian terbaiknya, maka TNI AD memberikan kenaikkan pangkat setingkat lebih tinggi kepada almarhum.

“Kita naikkan pangkat dari Lettu Inf menjadi Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabutar,” ungkapnya.

Almarhum merupakan Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Gakum TNI bersama Polri dan gugur pada Selasa (17/12) saat kontak senjata dengan kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di daerah Sugapa, Intan Jaya, Papua.

Add a Comment