Mau Jantung Sehat? Lakukan 13 Tips Berikut Ini

PrimaBerita – Salah satu tips agar jantung sehat adalah dengan rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga kondisi jantung menjadi prima. Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital dan tak pernah berhenti bekerja selama manusia hidup

Ketika jantung mengalami gangguan, maka dampaknya akan sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian seketika.

Berikut 13 tips yang perlu anda lakukan agar jantung sehat

1. Batasi Makanan Berlemak Jahat

Makanan yang kaya akan lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans) seperti makanan cepat saji, gorengan, kentang goreng, kue yang menggunakan banyak margarin dan krim haruslah dibatasi atau bila perlu dihindari karena makanan jenis ini dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Dampaknya dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah yang memicu terjadinya jantung koroner.

Baca juga : Buah-buahan Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Anda Coba

2. Perbanyak Konsumsi Lemak Baik

Lemak baik yang umumnya terdapat dalam jenis lemak tak jenuh justru baik bagi jantung, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, menjaga ritme jantung agar tetap stabil dan menurunkan risiko peradangan.

Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi makanan berlemak baik seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah alpukat dan jenis ikan berlemak seperti salmon, makarel dan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3. Cobalah untuk mulai rutin mengonsumsi jenis makanan ini setidaknya 2 kali seminggu.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga 2 hingga 3 kali seminggu dengan rentang waktu 30-60 menit dalam sekali berolahraga menjadi salah satu tips jantung sehat yang memegang peranan penting.

Tak perlu olahraga yang terlalu berat. Aerobik, bersepeda atau bahkan sekedar jogging di pagi hari saja sudah cukup membantu jantung agar selalu berada dalam kondisi prima.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Di dalam buah dan sayuran terkandung banyak mineral juga nutrisi yang mampu memberikan perlindungan pada jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Perbanyaklah konsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli dan sayuran lainnya serta jangan lupa menambahkan buah-buahan seperti apel atau buah beri ke menu makanan sehari-hari.

5. Batasi Asupan Gula

Gula memang dibutuhkan tubuh sebagai salah satu sumber energi. Namun, jika berlebihan dampaknya dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Penting untuk membatasi asupan gula setiap harinya. Mengikuti saran dari Kementerian Kesehatan RI, maka asupan gula per orang per harinya yakni sebesar 50 gram atau 4 sendok makan gula.

6. Batasi Asupan Garam

Garam dibutuhkan untuk mengatur kandungan air dalam tubuh. Apabila berlebihan maka dapat membuat tubuh kesulitan untuk menyeimbangkan natrium berlebih yang terkandung dalam garam.

Kondisi ini pun dapat meningkatkan volume darah dan membuat jantung bekerja ekstra keras untuk memompanya ke seluruh tubuh sehingga jantung pun lambat laun akan mengalami kerusakan.

Batas asupan garam per orang per harinya menurut saran Kementerian Kesehatan RI, yakni sebesar 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam (1 sendok teh).

7. Berhenti Merokok

Di dalam rokok terkandung ribuan bahan kimia yang hampir kesemuanya dikategorikan berbahaya bagi kesehatan tubuh keseluruhan. Bahan-bahan kimia dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga membuat organ-organ tubuh termasuk jantung kekurangan asupan oksigen dan darah.

Asap rokok juga tak kalah buruknya dibandingkan rokok itu sendiri. Untuk itu jauhilah rokok sedari dini, cintailah diri sendiri, keluarga dan orang-orang sekitar. Tak ada satupun manfaat yang didapatkan dari kebiasaan buruk merokok, selain dari mendatangkan penyakit dan berbagai dampak negatif lainnya.

Baca juga : Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan Tubuh, bisa Mencegah Anemia

8. Perhatikan Angka Indikator Kesehatan Jantung

Tekanan darah, kadar kolesterol total dan gula darah merupakan beberapa indikator kesehatan jantung yang harus benar-benar diperhatikan.

Periksakan diri ke dokter atau petugas medis profesional untuk mengetahui nilai dari masing-masing indikator tersebut. Bila ternyata hasilnya di luar batas normal, maka segera lakukan perubahan gaya hidup.

9. Kelola Stres dengan Baik

Terlalu sering mengalami stres, terlebih tidak dapat mengontrolnya dengan baik atau mengalihkannya dengan cara yang salah seperti minum minuman keras, merokok atau mengonsumsi makanan cepat saji berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan menyempitkan dinding pembuluh darah. Hal ini tentu saja berdampak langsung pada memburuknya kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Oleh karena itu, kelola lah stres dengan baik melalui cara-cara yang menyehatkan dan menyenangkan. Misalnya dengan berjalan-jalan ke tempat yang menarik, berolahraga, melakukan yoga atau meditasi dan hal-hal menarik lainnya.

10. Pelajari Riwayat Keluarga

Apakah di antara kedua orang tua Anda ada yang memiliki riwayat penyakit jantung? Jika jawabannya ya, maka segera lakukan perubahan pada gaya hidup.

Mulailah dengan rutin berolahraga, memperhatikan berbagai makanan yang hendak dikonsumsi dan menjauhi rokok serta alkohol. Perubahan tersebut penting untuk dilakukan, karena gen dan gaya hidup erat kaitannya dengan kesehatan jantung.

11. Perhatikan Penyakit yang Diderita

Beberapa penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kolesterol tinggi merupakan beberapa kondisi yang dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya berbagai masalah pada jantung.

Apabila merasa mengidap beberapa gangguan kesehatan tersebut, maka perhatikan dengan benar hal-hal apa saja yang dapat meringankan dan memperberat kondisi tersebut. Di samping itu, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter dan minumlah obat yang diresepkan sesuai anjuran.

Baca juga : Obat Ambeien Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat

12. Miliki Berat Badan Ideal

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih, lebih rentan terserang penyakit jantung dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal karena seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi dan tekanan darah serta gula darah yang tinggi.

Selain itu seseorang yang memiliki berat badan berlebih juga cenderung mengalami sleep apnea, yakni suatu gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terganggu bahkan terhenti saat tidur. Kondisi ini terkait dengan tekanan darah tinggi, detak jantung abnormal, gagal jantung dan stroke.

13. Jauhi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat memicu tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar trigliserida dalam darah dan berkontribusi besar pada terjadinya gagal jantung.

Jadi, hentikan dan buanglah sejauh mungkin kebiasaan buruk mengonsumsi minuman beralkohol.

Add a Comment