Makan Beberapa Jenis Buah ini Untuk Mengurangi Stres Anda

PrimaBerita – Buah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan selain itu juga bisa mengurangi stres yang anda alami, mengendalikan berat badan hingga menurunkan kolesterol.

Menurut Jodi Godfrey, MS, RD, ahli gizi, kepada Psycom, terdapat hubungan yang cukup erat antara usus dengan otak manusia. Hal ini dikarenakan ketika nutrisi seseorang tidak dapat terpenuhi akan berdampak pada produksi neurotransmiter dan senyawa kimia pada otak.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan dua hal, yaitu meningkatkan atau mengurangi perilaku yang berhubungan dengan kecemasan.

Baca juga : 5 Buah-buahan yang bisa Atasi Kecanduan Makanan Manis

Untuk itu, mungkin dengan makan beberapa jenis buah ini Untuk Mengurangi Stres Anda

1. Blueberry

Menurut sebuah penelitian dari Federation of American Societies for Experimental Biology, blueberry termasuk kategori buah untuk meringankan stres Anda.

Di dalam penelitian tersebut dilakukan uji coba terhadap tikus PTSD yang menjalani diet blueberry dan setiap tikus mengonsumsi dua cangkir blueberry setiap harinya.

Hasilnya, kadar SKA2, yaitu gen yang ditemukan rendah pada orang yang ingin bunuh diri ini, ternyata meningkat dibandingkan tikus normal.

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada blueberry mengelola perasaan stres tersebut. Pada saat pikiran dilanda stres, tubuh mengidamkan vitamin C untuk memperbaiki dan melindungi sel tubuh.

Selain itu, buah berri berwarna biru ini juga mengandung antioksidan yang dipercaya dapat meringankan gejala gangguan kecemasan.

2. Alpukat

Selain blueberry, jenis buah lainnya untuk meredakan stres Anda adalah alpukat.

Alpukat merupakan sumber vitamin B6 yang membantu tubuh memproduksi neurotransmiter, termasuk serotonin. Serotonin adalah senyawa kimia di otak yang bertugas untuk mengatur mood Anda, entah itu bahagia atau merasa cemas.

Selain itu, di dalam vitamin B jika dipecah lagi akan ditemukan tiamin, riboflavin, dan niacin yang baik untuk sistem saraf manusia. Apabila seseorang kekurangan ketiga senyawa tersebut, lebih berisiko untuk mengalami depresi.

Bahkan, dengan makan alpukat, perut Anda terisi lebih lama, sehingga membuat Anda merasa puas. Dengan begitu, nafsu makan Anda berkurang dan keinginan untuk ngemil makanan yang tidak sehat pun menjadi hilang.

Maka itu, mengonsumsi alpukat yang kaya akan vitamin B dipercaya dapat membantu meringankan stres Anda.

3. Buah citrus

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah citrus, seperti jeruk, beruntunglah karena buah ini bisa meringankan stres.

Jeruk dan buah citrus lainnya merupakan sumber vitamin C yang ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Oleh karena itu, sebagian besar orang yang rutin mengonsumsi buah citrus cenderung lebih kebal terhadap stres.

Baca juga : Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

Temuan ini dibuktikan oleh penelitian dari Pakistan Journal of Biological Sciences yang menunjukkan ada efek positif dari penggunaan vitamin C secara oral.  Vitamin C tersebut diberikan kepada para siswa yang mengalami gangguan kecemasan. Hasilnya cukup menjanjika, karena kecemasan para siswa tersebut terlihat menurun.

Ketiga buah di atas memang cukup membantu untuk meredakan stres yang sedang Anda alami. Akan tetapi, ketika tingkat stres tersebut sudah sangat mengganggu kehidupan Anda, segera konsultasikan dengan dokter atau terapis agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Add a Comment