Konsumsi Rutin 5 Makanan ini Untuk Kesehatan Ginjal Yang Baik

primaberita-makanan-untuk-kesehatan-ginjal
3. Ikan kaya asam lemak omega 3

Asam lemak omega3 tidak diproduksi oleh tubuh, karenanya harus diasup dari makanan. Asam lemak ini penting untuk melancarkan aliran darah, mencegah penggumpalan darah dan membangun sel otak.

Asam lemak omega 3 juha bisa mengurangi trigliserida, mengontrol tekanan darah. Bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, penyakit autoimum dan gangguan ginjal. Tekanan darah tinggi memberi risiko tinggi pada gangguan ginjal

Ikan salmon dan ikan dari laut dalam seperti makarel, tuna dan sarden kaya akan asam lemak omega3. Baik dikonsumsi dengan cara dipanggang, dikukus atau diolah menjadi sup atau hidangan berkuah lainnya.

Baca juga : Bahaya! Minyak Goreng bisa picu Penyakit Mematikan, Salah Satunya Kanker

4. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan kandungan vitamin A, C, K dan folat. Bata karoten yang ada pada bayam juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatan mata.

Sayuran lain yang baik dikonsumsi adalah kale. Sayuran berwarna hijau gelap ini kaya antioksidan yang menyehatkan ginjal. Tetapi perlu berhari-hati dengan kandungan potassium yang kurang cocok untuk mereka yang sudah menjalani cuci darah.

Bayam bisa diolah dengan cara ditumis, dibuat jus dengan campuran buah lainnya. Atau dibuat sup dan isian pie atau dibuat saus. Sebaiknya olah dan konsumsi untuk sekali santap saja.

5. Ubi manis

Ubi yang manis dengan tekstur lembut ini kaya akan beta karoten dan sumber vitamin A yang baik. Ubi manis juga kaya akan vitamin B 6 dan potassium.

Baca juga : Ternyata Asap Masakan Bisa Memicu Kanker Paru-Paru

Kandungan serat ubi manis lebih lama terurai sehingga dapat mengontrol tingkat insulin. Sementara kandungan potassiumnya mampu menyeimbangkan kadar sodium dalam tubuh yang memperingan kerja ginjal. Karena mengandung potassium maka kurang cocok dikonsumsi oleh mereka yang sudah menjalani cuci darah.

Ubi manis paling baik dikonsumsi dengan cara dikukus atau dipanggang, dibakar. enak dijadikan sup, campuran salad dan bubur.

Add a Comment