Ini Syarat dari Duta Besar RI Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang

primaberita-dubes-arabsaudi
Ketiga, Agus menyarankan agar Rizieq mencabut sumpahnya yang tidak akan meminta tolong kepada pemerintah karena menilai pemerintah sebagai rezim zalim. 

“Saya yakin itu kitab-kitab yang menjadi background, backdrop ketika dia ceramah, ada satu bab tentang kitab sumpah dan nazar dan bagaimana menggagalkan sumpah itu ada. Dicari saja,” ujar dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga itu.

Terlepas dari itu, Agus menyarankan agar Rizieq segera mendatangi perwakilan Indonesia terdekat dan menceritakan persoalan yang tengah dihadapi. Sebab cuma dengan kelengkapan data yang formal pihaknya dapat berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. “Bila tidak, ya nanti ditertawakan oleh Kemenlu Arab Saudi,” ujarnya.

Baca juga : Ditahan Aparat Imigrasi Hong Kong, Jurnalis Indonesia Dipaksa Bugil

Meskipun demikian, dia mengaku secara informal terus menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait yang berwenang di negeri itu. Untuk mencari tahu persoalan sebenarnya terkait Rizieq Shihab.

Karena semula lembaga formal tak memiliki informasi akurat, ada kemungkinan yang menangani adalah lembaga lain yang lebih tinggi dan bertanggung jawab langsung kepada Raja Salman.

Apapun yang terjadi, KBRI akan terus memantau kasus ini dan siap memberikan pendampingan terhadap Rizieq Shihab meskipun yang bersangkutan menyatakan tak mau dibantu. “Selama masih memegang paspor RI, KBRI akan lakukan pendampingan dan berikan hak-hak kekonsuleran,” ujar bapak empat anak tersebut.

Add a Comment