Ini Manfaat Tanaman Lidah Mertua bagi Lingkungan

PrimaBerita – Tanaman lidah mertua merupakan jenis tanaman hias yang memilki banyak manfaat untuk lingkungan terutama bagi lingkungan rumah. Selain mudah ditemukan, tanaman lidah mertua ini juga mudah ditanam.

Sansevieria (lidah mertua) adalah tanaman hias yang dapat hidup dengan sedikit air dan cahaya matahari, dan banyak manfaat.

Baca juga : Menjaga Kondisi Kesehatan Saat Musim Hujan dengan Tips Berikut

Berikut manfaat tanaman lidah mertua bagi lingkungan

1.Menyerap Polusi Udara

Pada umumnya, tanaman hijau memang bisa dimanfaatkan untuk menyerap CO2 yang ada di dalam ruangan.

CO2 tersebut dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis dan kemudian tanaman tersebut akan memproduksi oksigen.

Itulah alasan mengapa kamu selalu merasakan kesejukkan ketika berteduh di bawah pohon di siang hari yang terik.

2. Menghasilkan oksigen

Selain menyerap polusi udara, lidah mertua dapat menghasilkan oksigen sehingga membuat kualitas udara lebih baik.

Dikutip dari situs kebun Balcony Garden, penelitian dari Harvard University Extension menyatakan, lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen.

Lidah mertua mengubah banyak karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari. Ini akan membuat udara terasa segar saat pagi hari.

Baca juga : Terapkan dengan Rutin untuk Menghilangkan Stres Berat

3. Melawan alergi dan sindrom bangunan sakit

Kemampuan lidah mertua menyerap racun dan melepas oksigen dapat mengurangi alergen atau hal-hal yang menyebabkan alergi di udara. Orang dengan alergi udara dapat menanam tumbuhan ini agar dapat menghirup udara yang bersih.

Sindrom bangunan sakit atau sick building syndrome (SBS) merupakan kondisi yang terjadi pada seseorang saat memasuki gedung tertentu. Gejala yang muncul dapat berupa iritasi, batuk, gatal, pusing, mual, sesak dada, dan nyeri otot. Tumbuhan lidah mertua disebut dapat mengatasi sindrom ini.

4. Pelindung

Berdasarkan ilmu topografi kuno China atau fengsui, lidah mertua dapat memberikan energi pelindung jika diletakkan pada posisi yang ideal. Dalam fengsui, tanaman yang runcing seperti lidah mertua dianggap sangat baik untuk melawan Qi (energi) negatif.

Lidah mertua merupakan ekspresi Qi yang tumbuh ke atas. Energi kayu yang kuat dapat memotong energi negatif atau energi yang stagnan.

Fengsui menilai tumbuhan ini cocok diletakkan di sudut tenggara, selatan, dan timur.

Baca juga : 5 Tanaman Rumah Ini Ampuh Untuk Mengusir Nyamuk

5. Tanaman hias

Lidah mertua juga dapat dijadikan tanaman hias yang diletakkan di pekarangan rumah atau di dalam ruangan. Bentuknya yang kuat, bertekstur hijau dan memanjang terlihat cantik dan terawat.

Tanaman hias dapat membantu meningkatkan produktivitas diri dan mengurangi stres.

Add a Comment