Ikan Oarfish Muncul dan Ditangkap, Pertanda Gempa Besar dan Tsunami

primaberita-ikan-oarfish-muncul

PrimaBerita – Ikan Oarfish muncul dan menghampiri kapal nelayan di laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kemunculan ikan oarfish kerap dikaitkan sebagai pertanda akan terjadinya bencana gempa besar dan tsunami.

Pasalnya ikan oarfish hidup di perairan laut dalam bagaimana bisa muncul diatas permukaan laut. Penangkapan oarfish pun viral di media sosial. Selain foto yang beredar, banyak pertanyaan soal apa faktor yang membuat ikan oarfish tersebut bisa muncul.

Baca juga : Tragedi Balita Tewas Tanpa Kepala Masih Jadi Teka-Teki

Nelayan bernama Haerul (29) penangkap oarfish tersebut pun angkat bicara. Warga Turungan Beru, Kecamatan Herlang, Bulukumba, itu menceritakan penangkapan oarfish yang panjangnya empat meter lebih tersebut.

Haerul berkisah, dia bersama tujuh rekannya sudah delapan hari mencari ikan di sekitar Pelabuhan Pamatata, Selayar. Hingga pada hari terakhir, Minggu (8/12) siang, kapal Anugerah Indah yang ditumpanginya dihampiri ikan oarfish.

“(Oarfish-ditemukan) di bagian timur Selayar, sekitar 7-8 mil dari Pelabuhan Pamatata,” kata Haerul, Selasa (10/12/2019).

Awalnya, Haerul menduga oarfish tersebut hanya tali yang tersangkut kapal sebab kulit ikan tersebut sangat bening. Saat tahu yang dilihatnya adalah ikan, Haerul mengaku sempat takut karena baru pertama kali melihat.

“Pertama saya lihat, saya pikir, ih, apa ini, barusanku saya lihat ikan begitu, jadi agak ragu meki, takut, nanti dibilang ganas ki,” katanya.

Baca juga : Kulit Reptil Di Tubuh Balita Tewas Tanpa Kepala, Polisi Pastikan Bukan…

“Kan ndag pernah kita orang-orang di sini di sekitar Bulukumba, sekitar perairan Selayar, Teluk Bone saja ndag ada yang pernah yang begitu (menemukan ikan oarfish),” imbuhnya.

Setelah mengevakuasi ikan oarfish ke atas kapalnya, lanjut Haerul, ia mencari tahu jenis ikan yang ia temukan lewat mesin pencari di internet. Info yang diterimanya pun mengaitkan oarfish dengan gempa-tsunami.

Add a Comment