Buah-buahan Penurun Darah Tinggi Yang Perlu Anda Coba

PrimaBerita – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan darah tinggi. Termasuk mengonsumsi buah-buahan penurun darah tinggi yang perlu untuk anda coba agar darah tinggi anda tidak naik.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu gangguan yang umum ditemui terutama pada lansia.

Berikut buah-buahan penurun darah tinggi, antara lain:

1. Alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Alpukat mengandung lebih banyak kalium yang penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium pada alpukat pun ternyata lebih banyak daripada pisang.

Baca juga : 5 Buah-buahan yang bisa Atasi Kecanduan Makanan Manis

2. Delima

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan Plant Foods for Human Nutrition di Inggris, mengonsumsi lebih dari secangkir jus delima setiap hari selama 4 minggu bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Sayangnya, belum diketahui kandungan apa yang menyebabkan penurunan ini. Para ahli menduga bahwa ada kandungan kalium atau polifenol yang membuat buah ini berkhasiat sebagai buah penurun darah tinggi.

3. Mengkudu

Buah mengkudu mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral. Kandungan xeronine dan scopoletin dalam buah mengkudu diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung banyak kalium. Mineral ini sangat dibutuhkan untuk menjaga tekanan darah tetap dalam level normal.

5. Kiwi

Sebuah penelitian The Oslo University Hospital menemukan bahwa relawan yang memakan 3 buah kiwi setiap hari selama 8 minggu memiliki tingkat tekanan darah sistolik 3,6 mmHg lebih rendah daripada relawan yang makan 3 apel sehari. Tekanan darah sistolik adalah angka atas dalam pengukuran tekanan darah.

Buah kiwi kaya akan lutein yang merupakan suatu antioksidan kuat, dan zat inilah yang membuat kiwi mempunyai manfaat sebagai buah penurun darah tinggi.

6. Jeruk

Selama ini mungkin jeruk hanya dikenal sebagai sumber vitamin C. Namun sebenarnya jeruk juga mengandung kalium. Kandungan mineral ini membuat buah ini bisa dimanfaatkan sebagai buah penurun darah tinggi.

Baca juga : 9 Manfaat Buah Pir bagi Kesehatan, Meningkatkan Kesehatan Usus

7. Blewah

Identik dengan buah khas bulan Ramadan, buah blewah mengandung mineral kalium yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali.

8. Melon

Mengonsumsi buah melon, baik secara langsung atau diolah menjadi jus, sangat bermanfaat bagi kesehatan termasuk untuk menjaga tekanan darah normal. Buah ini mengandung kalium yang cukup tinggi.

9. Semangka

Buah semangka mengandung berbagai vitamin, mineral dan zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Zat-zat seperti lycopene, serat, dan L-citrulline yang ada pada buah semangka berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Anggur

Anggur mengandung vitamin, mineral yang sangat bermanfaat. Umumnya buah ini berkhasiat sebagai antioksidan. Kandungan Bioflavonoid pada buah anggur membuatnya bisa dimanfaatkan sebagai buah penurun darah tinggi yang cukup baik.

Baca juga : Makan buah dan Minum Susu Secara Bersamaan, Berbahaya!

11. Blueberry

Seperti anggur, blueberry berkhasiat sebagai antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mengurangi dampak negatif radikal bebas terhadap sel-sel tubuh. Tubuh yang bersih dari radikal bebas akan membuat aliran darah lebih lancar sehingga menstabilkan tekanan darah.

12. Buah bit

Buah bit populer di kalangan ahli kesehatan karena kandungan nitratnya dipercaya mampu menurunkan tekanan darah hanya dalam satu malam.

Add a Comment