Beragam Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan Ibu Hamil

PrimaBerita – Jambu biji memberikan segudang manfaat bagi kesehatan ibu hamil karena jambu biji kaya akan vitamin, mineral, dan asam folat. Selama dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, jambu biji aman untuk ibu hamil.

Saat hamil, si ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi termasuk rutin dalam mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral, sehingga sangat baik dikonsumsi, terutama bagi ibu hamil.

Berikut manfaat jambu biji bagi kesehatan ibu hamil

1. Mencegah komplikasi kehamilan

Sebuah studi pada jurnal Nutrients menyebutkan bahwa buah jambu biji kaya dengan vitamin C. Vitamin yang disebut dengan asam askorbat ini memiliki banyak peran bagi tubuh.

Vitamin C bekerja sama dengan vitamin E untuk meningkatkan antioksidan sehingga mampu menghambat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Itu artinya, sel-sel tubuh akan terlindungi dari peradangan yang bisa meningkatkan risiko preeklampsia, kelahiran prematur, ketuban pecah dini, dan tidak berkembangnya janin di dalam kandungan.

Baca juga :

2. Mencegah anemia dan bayi lahir dengan berat rendah

Tidak hanya ibu hamil, jambu biji juga memberikan manfaat untuk perkembangan janin. Pasalnya, jambu biji mengandung zat besi, yakni nutrisi yang dibutuhkan dua kali lebih besar saat hamil.

Kebutuhan zat besi yang meningkat ini diperlukan untuk memproduksi ekstra darah untuk di bayi. Darah yang mengandung hemoglobin ini menjadi media bagi si bayi untuk mendapatkan asupan makanan dan oksigen dari sang ibu.

Bila kadar zat besi rendah, sang ibu berisiko mengalami anemia. Akibatnya, bayi yang dilahirkan akan memiliki berat badan di bawah normal. Selain daging, ikan, sayur hijau, ibu hamil bisa mengonsumsi jambu biji untuk memenuhi kebutuhan zat besinya per hari.

3. Mendukung perkembangan otak bayi

Sama seperti zat besi, asam folat juga menjadi nutrisi yang sangat penting selama masa kehamilan. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk produksi sel darah merah sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tubuh belakang. Nah, ibu hamil bisa mendapatkan manfaat asam folat untuk kesehatan ini dengan makan jambu biji.

Bila ibu hamil kekurangan asam folat, tabung saraf bayi mungkin tidak tertutup dengan benar. Akibatnya, bayi berisiko mengalami cacat tabung saraf, seperti spina bifida atau anencephaly.

Baca juga :

4. Mengurangi risiko pegal dan kram otot

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi risiko terjadinya pegal dan kram tubuh. Ibu hamil rentan dengan masalah sendi dan otot, terutama di sepanjang tulang belakang.

Kondisi ini terjadi karena janin memberi beban dan tekanan di perut yang memengaruhi tulang belakang. Namun, bisa juga menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan mineral tertentu. Untuk mengatasi dan mencegah kondisi ini, dokter tentu akan merekomendasikan ibu hamil untuk makan sayur dan buah lebih banyak, jambu biji salah satunya.

Add a Comment