Bahaya! Nata De Coco Mengandung Plastik? Cek Faktanya

primaberita-nata-de-coco

PrimaBerita – Bahaya Nata de coco viral dalam sebuah media sosial. Unggahan menyebutkan bahwa makanan kenyal itu terbuat dari bahan serupa plastik dan tidak larut dalam perut.

Sontak kabar tersebut menimbulkan banyak pertanyaan. Tak sedikit netizen yang mengaku khawatir.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI membantah kabar viral tersebut. Unggahan di media sosial menyebut lembaran tipis pada nata de coco tak ubahnya lembaran plastik bahaya.

Baca juga : 3 Aktivitas Menjaga Wajah Terlihat Awet Muda

“Jika ditekan, cairan [dalam nata de coco] akan keluar dan yang tertinggal adalah benang-benang serat yang menyerupai lembaran tipis,” tulis BPOM, menukil laman resminya, Selasa (10/12).

Nata de coco merupakan pangan berbasis buah yang terbuat dari air kelapa. BPOM menjelaskan, dalam pembuatannya, pangan yang menyerupai gel ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis. Benang serat tipis atau selulosa itu kerap pula disebut sebagai dietary fiber.

Mengutip Live Strong, serat ini diperlukan untuk kesehatan pencernaan seperti mencegah sembelit karena sifatnya yang tidak larut.

Serat tidak larut juga bertanggung jawab untuk mencegah penyakit divertikulitis. Kondisi umumnya ditandai oleh perkembangan divertikula di sepanjang dinding usus besar. Penyakit ini lebih banyak menyerang mereka yang kekurangan serat. Banyaknya lapisan selulosa ini membuat nata de coco bisa memerangkap cairan.

Jika cairan berkurang dan yang tertinggal hanya lah kumpulan benang-benang serat tipis, potongan nata de coco yang semula lembut dan kenyal akan menjadi sangat liat dan sulit disobek.

Baca juga : Hilangkan Depresi Dengan Berolahraga! Ini Penjelasan

Kenali Kualitas Nata de Coco yang Baik

Daripada termakan oleh isu-isu viral di media sosial yang belum dibuktikan kebenarannya, akan lebih baik jika Anda mengenal ciri-ciri nata de coco dengan kualitas yang baik.

BPOM membeberkan beberapa tanda nata de coco yang baik, seperti berikut.

1. Warna putih bersih
2. Transparan
3. Struktur kuat
4. Tidak mudah hancur
5. Tidak berbau asam
6. Tidak mengandung kotoran

Add a Comment