Anak Mengamuk? Ini Cara yang Tepat Menangani Anak Tanpa Ponsel

PrimaBerita – Menangani anak yang mengamuk harus dilakukan secara tepat. Karena bisa jadi rewelan nya tidak akan berhenti-henti bahkan kerap emosi anak keluar secara berlebihan.

Menghindari hal itu banyak orang tua mengambil jalan pintas dan memilih untuk memberikan ponsel kepada anak. Lalu si anak pun akan sibuk dengan ponsel jika si anak terpengaruh, Namun bagaimana jika tidak? bisa-bisa ponsel yang diberi dilempar oleh si anak.

Penggunaan medium hiburan seperti ponsel dapat membatasi kemampuan anak untuk mengekspresikan dan mengontrol emosinya.

Terlebih, anak berusia di bawah lima tahun diimbau untuk tidak terpapar layar ponsel selama lebih dari satu jam per hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga fungsi otak si buah hati.

Baca juga : Ketergantungan Ponsel Penyebab Utama Tidak Berhasil Menurunkan Berat Badan

Berikut Cara Tepat Menangani Anak yang mengamuk Tanpa Ponsel

1. Pahami perasaannya

Memberikan anak kesempatan untuk bicara adalah hal pertama yang dapat Anda lakukan. Biarkan anak mengekspresikan emosinya, dan coba lah untuk memahami situasi dari sudut pandang anak.

2. Bermain bersama

Daripada mengalihkan perhatian anak dengan memanfaatkan ponsel, coba lah untuk mengajaknya melakukan permainan yang disukai atau aktivitas lain yang menyenangkan.

Hal ini bisa meredakan amarah anak sekaligus semakin mendekatkan Anda dengan si kecil.

3. Berikan pujian

Alih-alih mengatakan kepada mereka bahwa mengamuk adalah hal yang salah, coba lah untuk menghargainya karena kemauan mereka untuk mengekspresikan emosinya. Setelah itu, Anda bisa berikan pengertian tentang bagaimana cara mengekspresikan emosi dengan lebih baik.

Baca juga : 5 Buah-buahan yang bisa Atasi Kecanduan Makanan Manis

4. Menyanyi dan menari

Ponsel tak melulu jadi satu-satunya cara untuk menghibur anak yang mengamuk. Daripada ponsel, coba lah untuk memutar musik yang menyenangkan untuk dinyanyikan bersama dengan anak sambil menari.

5. Berikan pelukan

Pelukan bisa jadi salah satu cara mengatasi anak yang mengamuk. Pelukan dapat menenangkan dan membuat anak merasa lebih aman serta dipedulikan. Selain itu, pelukan juga terbukti mampu mengurangi rasa stres dan memperbaiki komunikasi.

Add a Comment