5 Buah-buahan yang bisa Atasi Kecanduan Makanan Manis

PrimaBerita – Beberapa orang menyukai makanan manis, Selain lezat lembut makanan manis membuat candu. Jika mengonsumsi makanan manis bisa memberikan dampak bagi kesehatan untuk itu atasi kecanduan makanan manis dengan buah-buahan.

Buah-buahan dapat mengalihkan hasrat makan makanan manis  ke beberapa alternatif yang sehat. Ini dapat memuaskan keinginan Anda tanpa menambah jumlah kalori ke tubuh.

Berikut 5 Buah-buahan yang bisa atasi kecanduan makanan manis

Alpukat

Alpukat adalah buah yang bisa menjadi camilan sempurna karena memiliki lemak yang baik untuk mendukung kesehatan jantung dan kadar kolesterol.

Alpukat rata-rata memiliki jumlah gula yang hampir dapat diabaikan, yaitu hanya sekitar 1 gram per buah. Tapi ingat, jangan menambakan gula apalagi susu kental manis yang sering kita lakukan saat menyantap alpukat.

Semangka

Anda bisa memakan satu buah semangka tanpa merasa bersalah karena buah ini hanya memiliki 10 gram gula di dalamnya. Semangka juga banyak mengandung zat besi dan diuretik untuk mengurangi retensi air.

Selain itu, semangka mudah didapat, tidak mahal dan hampir selalu disajikan di berbagai acara. Buah ini sangat pas sebagai alternatif bagi Anda yang kecanduan makanan manis.

Plum

Dengan hanya 7 gram gula dan 30 kalori, buah berwarna gelap ini dapat menjadi camilan sore yang tepat. Plum menyediakan antioksidan, menjaga kadar gula darah dan membantu pencernaan.

Meski belum terlalu populer di Indonesia, buah ini punya banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Kalau Anda kesulitan mencari plum, buah yang sekilas mirip anggur ini biasanya dijual di supermarket atau toko buah besar.

Jeruk

Para ahli merekomendasikan makan satu buah utuh, daripada minum segelas jus, meski terkesan lebih segar sekalipun. Itu karena segelas jus mengandung dua sampai tiga jeruk sekaligus, sehingga akan meningkatkan kandungan gula di tubuh kita.

Satu jeruk mengandung hampir 12 gram gula dan memiliki vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

Apel

Berdasarkan gagasan yang sama, bahwa buah yang dimakan utuh memiliki gula yang lebih sedikit dibanding segelas jus buah. Dibandingkan segelas jus apel, lebih baik pilih satu apel berukuran sedang yang mengandung sekitar 19 gram gula dan juga memiki banyak serat.

Add a Comment