4 Tips Jitu Lawan Ngantuk Saat Berkendara

Prima berita– Ngantuk saat berkendara ? Anda mungkin tahu bahwa membawa kendaraan saat ngantuk menyerang bisa menimbulkan masalah besar bahkan fatal disini kami akan membagiakn 4 tips jitu saat berkendara.

Data yang dihimpun oleh National Sleep Foundation di Amerika Serikat mencatat ada sekitar 100.000 kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk di jalan setiap tahunnya. Anda bisa menghindari hal serupa terjadi pada Anda atau orang tercinta karena kelelahan atau mengantuk saat berkendara.

Simak baik-baik berbagai tips untuk lawan ngantuk saat menyetir mobil atau motor sebagai berikut:

1.Minum Kopi

Jika mata dan tubuh kamu mulai lelah saat menyetir, anda butuh kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Namun, kopi membutuhkan waktu kira-kira setengah jam sebelum efeknya terasa. Selain itu, secangkir kopi saja mungkin tidak cukup bagi orang yang sehari-harinya sudah sering mengkonsumsi kopi.

2.Berhenti sejenak untuk beristirahat

Apabila efek setelah minum kopi belum terasa, cara terbaik untuk melawan rasa kantuk kamu adalah dengan tidur sejenak. Berhenti lah sejenak dan tidurlah selama kira-kira 15 menit. Ingat, lebih baik menghabiskan waktu 15-20 menit untuk tidur sejenak daripada memaksakan diri untuk tetap menyetir dengan risiko yang besar.

3.Berisitrahat lah maksimal 3 jam sekali

Sejatinya, tubuh manusia memiliki batas. Serangan kantuk saat mengendarai mobi atau motor adalah hal yang wajar dalam perjalanan panjang. Pada titik puncak kelelahan, tidak hanya otot yang lemas, konsentrasi dan refleks pun jadi berkurang. Inilah alasan kenapa Anda harus segera beristirahat jika sudah merasa lelah saat mengemudi. Jika terus dipaksa menyetir terus tanpa jeda, tubuh dan mata anda justru jadi semakin cepat lelah dan terasa berat. Jadi, meskipun anda tidak sedang mengantuk atau letih, usahakan untuk tetap beristirahat setiap beberapa jam sekali.

4.Minta ditemani saat mengemudi

Apabila jarak yang ditempuh cukup jauh, anda bisa minta ditemani agar rasa kantuk anda hilang, mendengarkan musik serta ngobrol seru dapat menghilangkan rasa kantuk anda. Teman anda juga bisa mengingatkan dan waspada ketika anda hampir tertidur. Ada baiknya jika menyetir bisa bergantian, agar anda bisa istirahat sejenak.

Add a Comment