Loading...
Sepak Bola

3 Cara Indonesia Lolos ke Semifinal Usai Kalah dari Vietnam

PrimaberitaTimnas U-23 Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam pada laga ketiga Grup B SEA Games 2019, Minggu (1/2/2019). Laga timnas U-23 Indonesia vs Vietnam ini berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Minggu (1/12/2019).

Kalah dari Vietnam membuat Indonesia terlempar ke posisi ketiga klasemen sementara grup B SEA Games 2019.

Baca juga : Soal Gaji Pelatih Timnas Indonesia, Pemerintah Siap Bantu PSSI

Loading...

Indonesia wajib memenangkan dua laga tersisa untuk bisa mendapat poin maksimal, yaitu 12 poin. Dua laga yang tersisa, yaitu menghadapi Brunei Darussalam dan Laos di atas kertas bisa diamankan oleh skuat Indra Sjafri.

Namun permasalahan yang menanti Indonesia bukan hanya sekadar memastikan kemenangan. Babak grup SEA Games mengutamakan selisih gol sebagai syarat lolos bila ada dua tim yang memiliki nilai sama.

Karena itu, Indonesia bukan hanya sekadar wajib menang, melainkan juga menang dengan skor telak. Indonesia saat ini masih memiliki selisih gol +3, kalah jauh dari Thailand yang mengoleksi +8.

Berikut cara lolos Indonesia usai kalah dari Vietnam:

1. Sebagai Runner up Grup

Dua laga tersisa Thailand adalah melawan Laos dan Vietnam. Laga lawan Laos bisa kembali dimanfaatkan oleh Thailand sebagai laga lumbung gol.

Thailand lalu menjalani laga hidup-mati lawan Vietnam. Situasi akan lebih mudah bagi Indonesia bila Vietnam menaklukkan Thailand. Bila hal itu terjadi, Indonesia cukup memenangkan dua laga tersisa tanpa syarat lain seperti harus pesta gol ke gawang lawan. Indonesia nantinya akan lolos sebagai runner up grup di bawah Vietnam

Vietnam sendiri menghadapi dua laga sulit di akhir. Selain Thailand, Singapura bisa jadi batu sandungan bagi Vietnam. Singapura punya permainan mumpuni meski di atas kertas masih ada satu kelas di bawah Vietnam.

2. Sebagai Juara Grup

Indonesia masih punya peluang untuk jadi juara grup jika kondisi di akhir grup memunculkan tiga tim dengan nilai sama. Bila Vietnam, Thailand, dan Indonesia sama-sama memiliki nilai 12, selisih gol akan berbicara.

Indonesia bisa jadi juara grup dengan situasi tersebut, tentunya dengan syarat punya selisih gol yang lebih baik dari Vietnam dan Thailand.

Namun hal ini bakal lebih berisiko dari segi hitung-hitungan gol karena saat ini Indonesia dalam kondisi tertinggal cukup jauh dalam hal selisih gol dibandingkan dua negara tersebut.

3. Situasi Kejutan

Vietnam saat ini diyakini jadi tim terkuat di grup B. Tetapi bila Vietnam secara mengejutkan kalah dari Singapura di partai keempat, hal itu akan memperbesar peluang Indonesia.

Syaratnya, tentu saja Indonesia harus menang lawan Brunei Darussalam di saat bersamaan. Bila Indonesia dan Thailand (lawan Laos) menang di saat Vietnam kalah dari Singapura, Indonesia punya posisi paling bagus jelang laga terakhir meski Vietnam dan Thailand juga mengoleksi poin yang sama (9).

Indonesia hanya akan menghadapi Laos di laga terakhir sedangkan Vietnam dan Thailand akan melangsungkan duel hidup-mati.