Terungkap ! Perusahaan yang Sesungguhnya Merajai Pasar HP Indonesia

Primaberita – Lima besar perusahaan yang merajai pasar Hp (handphone) Indonesia diumumkan oleh perusahaan analisis pasar IDC beberapa waktu lalu. Diposisi pertama ada Oppo dan berturut-turut disusul Vivo, Samsung, Realme dan Xiaomi.

Dibalik, jejeran merek-merek ini sebenarnya ada perusahaan yang membayangi adalah BBK Electronics, perusahaan yang menaungi Oppo, Vivo, dan Realme yang menjadi bayang-bayang tersebut.

Baca juga : Menakjubkan! Ini Bocoran Galaxy S11, Sensor Baru!

Jika dihitung-hitung, perusahaan induk ini setidaknya merajai lebih dari setengah pasar Hp di Indonesia (61,6 persen). Disebut peredaran, karena data IDC menghitung dari pengiriman (pengapalan) ponsel yang dilakukan produsen dari pabrik ke pasar, bukan dari data penjualan mereka.

Angka ini didapat dari perhitungan Oppo yang kuasai 26,2 persen peredaran ponsel di Indonesia, Vivo dengan 22,8 persen, dan Realme (12,6 persen). Perusahaan inilah raja sesungguhnya dari peredaran ponsel di tanah air.

BBK Electronics sesungguhnya menjadi induk dari empat perusahaan ponsel, Oppo, Vivo, Realme, dan OnePlus. Namun, OnePlus tak cukup kompetitif di Indonesia dan sudah keluar dari negara ini sejak beberapa tahun lalu. 


Posisi BBK Electronics di pasar dunia pun cukup punya taring. Menurut riset Counterpoint Research, seluruh lini produk BBK pada kuatal 3 2019 (periode Juni-September) menguasai lebih dari 20 persen peredaran ponsel dunia.

Baca juga : AirPlay 2 Besutan LG Menjadi Pembaruan Pada TV LG

Angka ini didapat dengan menggabungkan peredaran Oppo (8,6 persen), Vivo (7,8 persen), dan Realme (2,7 persen). Angka tersebut bisa dikatakan menyaingi Samsung yang paling mendominasi pasar sebanyak 19,1 persen. Angka ini menyaingi raja ponsel dunia, Samsung yang juga menguasai 20,6 persen peredaran ponsel dunia.

Sebanyak 72,4 juta unit yang dijual di dunia selama kuartal ketiga 2019 dikirim oleh anak-anak perusahaan BBK Electronics. Sementara Apple Apple yang baru saja merilis iPhone 11 pada September hanya terjual sebanyak 44,8 juta unit pada periode yang sama. 

Add a Comment