Loading...
Ekonomi Bisnis Politik

Terungkap Ini Dua Kekuatan Ahok Menjadi Pemimpin BUMN

PrimaBerita – Kalangan akademisi menilai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki dua kelebihan untuk memimpin badan usaha milik negara atau BUMN.

Dosen SBM-ITB

Dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) Donald C. Lantu meyakini bahwa rencana penempatan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di BUMN telah mempertimbangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan.

Baca juga: Ahok Jadi Bos Pertamina, Restu Dan Rekomendasi Dari Presiden Jokowi

Loading...

“Kenapa dipilih? Berarti kan punya kekuatan,” katanya

Donald menjelaskan bahwa kekuatan pertama Ahok adalah kemampuan membuat sistem agar organisasi berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan pengalaman Ahok di Pemprov DKI Jakarta membangun sistem performa manajemen, standar operasional prosedur, dan penerapan sistem digital.

Kelebihan kedua Ahok, tambah Donald, adalah kemampuan membangun budaya berbasis kinerja. Selama memimpin Pemprov DKI Jakarta, Ahok dinilai dapat mendorong bawahan berperilaku berdasarkan budaya tersebut.

“Ini sebagaimana budaya kinerja yang terlihat di perusahan besar seperti Unilever atau Telkom,” ujarnya.

Baca juga: Negara Besar Asia Termasuk Indonesia Akan Tenggelam. Ini Hasil… , Jokowi Akan Pecat Semua Polisi Dan Jaksa Yang…

Ahok

Sebagaimanan diberitakan sebelumnya, Ahok mendatangi kantor Kementerian BUMN pada Rabu (13/11/2019) untuk menemui Menteri BUMN Erick Thohir. Kepada wartawan, dia mengaku ditawari untuk bergabung dengan perusahaan pelat merah.

Keesokan hari nya, Presiden Joko Widodo mengkonfirmasi rencana penempatan Ahok di BUMN. Meski demikian, Jokowi belum memastikan jabatan dan perusahaan yang bakal ditempati bekas tandemnya di Pemprov DKI Jakarta itu.

“Kita tahu kinerjanya Pak Ahok. Jadi ini masih dalam proses seleksi,” kata Jokowi.

Baca juga: Terkena Asam Urat? Ayo Atasi Dengan Cara Super Mudah Ini