Loading...
primaberita - terkena asam urat
Editor Choice Kesehatan Lifestyle

Terkena Asam Urat? Ayo Atasi Dengan Cara Super Mudah Ini

PrimaBerita Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyebabkan nyeri yang tak tertahankan di area persendian tulang dan tak jarang juga menimbulkan rasa panas. Walaupun tak semua sendi pada tubuh bisa terkena asam urat, namun sendi yang paling sering terkena asam urat ini yaitu jari tangan, lutut, jari kaki dan pergelangan telapak kaki.

TIPS

Nyeri yang teramat sangat pada persendian menjadi ciri dari penyakit asam urat. Tak jarang, penyakit asam urat ini juga dibarengi dengan penyakit kolestrol. Simak tips berikut sebagai cara menurunkan kolestrol dan asam urat.

Table of Contents

Loading...

Menjaga pola makan

Pola makan bagi penderita Asam urat dan kolestrol tentunya harus diatur dengan teliti. Pasalnya harus menghindari makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi dan juga menghindari makanan laut, jeroan dan daging.

Hindari stres

Stres akibat pikiran tentunya juga berdampak bagi kesehatan fisik. Jika sudah menderita penyakit asam urat, disarankan untuk jangan terlalu stres agar penyembuhan bisa cepat dilakukan.

Mengkonsumsi obat asam urat alami

Konsumsi obat asam urat alami tentunya dapat digunakan sebagai cara mengobati asam urat. Obat alami ini sangat mudah ditemukan dimana-mana. Yaitu ceri, pisang dan apel. Konsumsi secara rutin setiap hari agar rasa sakit tersebut berkurang.

Rutin berolahraga teratur

Olahraga teratur dapat membuat sendi-sendi tidak kaku. Bagi penderita asam urat dianjurkan untuk melakukan olah raga ringan secara rutin dan jangan melakukan olah raga yang berat

Menghindari minuman beralkohol

Cara mengobati asam urat dan kolestrol selanjutnya yaitu dengan menghindari minuman beralkohol. Alkohol dapat meningkatkan produksi asam urat dan menyebabkan serangan rasa sakit berkurang. Selain itu minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar kolestrol dan trigliserida dalam darah.

Hindari makanan dengan kadar purin yang tinggi

Zat purin dalam makanan dapat menyebabkan penyakit asam urat tinggi dan menimbulkan nyeri yang hebat. Hindari makanan seperti jeroan, ekstrak daging gorengan, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Dan mulai konsumsi makanan dengan zat purin rendah seperti kol merah, kubis, paprika, kol, selada dan lain-lain.

Manfaatkan temulawak

Temulawak merupakan rempah yang bisa digunakan sebagai caara mengobati asam urat. Kandungan germakron dalam temulawak dapat meredakan nyeri asam urat karena bersifat anti inflamasi.

Mengontrol berat badan

Kelebihan berat badan tentunya dapat menambah beban berat pada sendi-sendi. Sehingga, rasa sakit akan yang disebabkan oleh asam urat akan semakin tak tertahankan. Lakukanlah diet bila diperlukan.

Perbanyak konsumsi kopi

Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2010 mengatakan bahwa mengkonsumsi 4 cangkir kopi sehari. Dapat menurunkan resiko penyebab asam urat sebanyak lebih dari 50%.

Bawang putih

Konsumsi 3-5 buah bawang putih sebagai cara mengobati asam urat dengan cepat. Bawang putih tetnunya mengandung anti inflamasi yang bisa meredakan nyeri pada asam urat.