Setelah Cabut Gelar Selir, Raja Thailand Pecat 10 Pejabat Istana

primaberita-raja-thailand

Primaberita – Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengambil langkah tegas dengan pecat 10 pejabat Istana yang dianggap melakukan pelanggaran dalam dua pekan terakhir. Gelombang pemecatan ini marak sejak Raja Vajiralongkorn mencabut gelar Selirnya pekan lalu.

Sejak naik tahta pada Mei 2019, Raja Vajiralongkorn menunjukkan dirinya bisa sangat tegas dalam hal konstitusi kerajaan. Dan mengontrol langsung masalah-masalah Istana serta kekayaan raja. Dia juga telah memindahkan dua unit militer dari militer negara ke kontrol pribadinya.

Baca juga : Bahaya! Jomblo Bisa Ganggu Kesehatan Hingga Beresiko Kematian Dini

Pekan lalu, Raja Vajiranglongkorn telah mencabut Sineenat Wongvajirapakdi dari gelarnya sebagai royal consort alias selir kehormatan. Padahal, gelar itu baru diberikan beberapa bulan lalu dan merupakan gelar selir kehormatan pertama sejak berpuluh-puluh tahun.

Sineenat dituding tidak loyal kepada raja dan bersaing dengan Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana, yang dinikahi Raja Vajiralongkorn beberapa hari sebelum diresmikan menjadi raja.

Selain itu, ada enam pejabat Istana yang juga diberhentikan pada pekan lalu. Mereka dituding melakukan pelanggaran kedisiplinan yang sangat parah sehingga berdampak terhadap kerajaan. Enam pejabat tinggi yang dipecat itu terdiri dari seorang perawat dan seorang dokter hewan kerajaan.

Terkait : Gelar Selir Thailand, Sineenat Wongvajirapakdi, Dicabut Hanya Karena..

Setelah memecat 6 pejabat senior kerajaan, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn kembali memecat seorang pengawal kerajaan karena dianggap berbuat zina.

Sementara dua pengawal kerajaan lainnya juga diberhentikan tanpa kompensasi karena dianggap gagal memenuhi standar yang ditetapkan. Dalam dua pekan Raja Thailand pecat 10 pejabat istana.

Keluarga Kerajaan Thailand dilindungi UU Pencemaran Nama Baik yang membuat segala perbuatan mereka tidak bisa dikritik.



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Raja Thailand Pecat Dua Pengawal Kerajaan Karena Dianggap Melakukan Hal Tak Pantas dan Berbuat Zina, https://www.tribunnews.com/internasional/2019/10/30/raja-thailand-pecat-dua-pengawal-kerajaan-karena-dianggap-melakukan-hal-tak-pantas-dan-berbuat-zina.

Editor: Adi Suhendi


Add a Comment