Loading...
Editor Choice Kesehatan Kuliner

Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

PRIMA BERITA – Diabetes, sering dikenal dengan penyakit kencing manis, merupakan kondisi dimana tubuh memiliki glukosa yang berlebih yang diakibatkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin yang berperan dalam menjaga kadar gula darah. Lalu ada beberapa makanan sehat untuk penderita diabetes lo! ayo disimak makanan sehat untuk penderita diabetes berikut!

Memperhatikan makanan sehari-sehari adalah salah satu kunci utama untuk mengendalikan gula darah. Selama ini kebanyakan orang menganggap satu-satunya makanan paling sehat untuk penderita diabetes adalah nasi merah. Faktanya, masih ada banyak makanan lain yang juga enak, mengenyangkan, dan tak kalah sehat untuk mengontrol gula darah. Yuk simak terus ke bawah!

Ubi jalar

Selain mengenyangkan, ubi jalar juga bermanfaat baik untuk mengendalikan gula darah. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada kentang. Nilai glikemik satu porsi ubi jalar rebus adalah 44 sementara kentang rebus adalah 80. Semakin rendah nilai glikemik makanan, semakin lambat makanan tersebut diproses menjadi glukosa. Artinya, makanan yang punya skor glikemik rendah tidak akan langsung drastis melonjakkan gula darah setelah makan. Kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium dalam ubi jalar juga baik untuk para penderita diabetes.

Loading...

Jagung

Mengutip dalam laman Harvard Medical School, skor IG dari 100 gram jagung adalah 46, sementara beban glikemiknya bernilai 14. Sebagai perbandingan, beban glikemik dari 150 gram nasi putih adalah 29. Pada dasarnya, semakin rendah beban glikemik suatu makanan semakin baik untuk gula darah. Selain itu, jagung juga mengandung serat pati resisten yang lebih sulit dicerna oleh tubuh. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa rutin makan jagung kaya pati resisten setiap hari dapat membantu diabetes mengendalikan gula darahnya lebih baik.

Gandum utuh

Whole grain alias biji-bijian utuh sudah sejak lama dinobatkan sebagai makanan paling sehat untuk penderita diabetes. Salah satu varian whole grain yang banyak di favoritkan dalam diet diabetes adalah gandum utuh (whole wheat). Gandum utuh termasuk makanan dengan nilai glikemik rendah yang juga tinggi serat. Dua kombinasi menguntungkan ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Selain itu, gandum utuh juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.