LAPOR : Aduan Masyarakat Terbanyak Ada Di Kemenkumham

primaberita-Lapor

Primaberita – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) terhitung sejak Januari hingga September 2019, aduan masyarakat terbanyak ada di Kemenkumham. Setidaknya ada 20.279 laporan yang diajukan masyarakat terhadap lembaga/kementerian.

Laporan yang diajukan masyarakat tercatat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Baca juga : Milad Muhammadiyah, Nadiem Makarim Berkomitmen Memerdekakan Unit Pendidikan

Kementerian Hukum dan HAM atau kemenkumham merupakan institusi dengan aduan terbanyak, yakni sejumlah 3.469. Kemudian disusul Kementerian Riset dan Teknologi sejumlah 3.328, Kementerian Sosial sejumlah 1.535 dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang sejumlah 899.

Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan SIPP Kementerian PAN-RB Imanuddin mengatakan tren pelaporan dari tahun ke tahun juga terus meningkat. Menurut data yang disampaikan, pada Januari 2019 tercatat ada 7.086 laporan yang diterima. Kemudian angka tersebut melonjak tinggi di September 2019, menjadi 19.935.

Namun Immanudin menyebut banyaknya pelaporan tidak selalu berarti buruk.

Mengenai topik pelaporan, kebanyakan mengacu pada permasalahan administrasi dengan persentase sebanyak 20 persen. Kemudian pelayanan kepolisian sebanyak 15 persen, ketenagakerjaan sebanyak 12 persen, kepegawaian sebanyak 10 persen dan sisanya mengenai persoalan lain-lain.

Sedangkan untuk sektor pemerintah daerah ditemukan setidaknya 16.339 laporan yang diajukan masyarakat. Rinciannya, paling banyak diterima Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 1.547, lalu Pemerintah Kota Semarang sebanyak 1.536, Pemkot Bandung sebanyak 1.179, Pemkot Sidoarjo sebanyak 641 dan terakhir Pemkot Banjarmasin sebanyak 563.

Terkait pelaporan kepada pemerintah daerah, Imanuddin mengatakan persoalan infrastruktur menjadi perkara yang paling banyak dilaporkan.

Terkait : Edhy Prabowo Mengungkapkan Kejanggalan Kepemimpinan Susi

Sedangkan untuk lembaga negara di luar pemerintahan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi lembaga yang paling banyak menerima aduan dengan jumlah sebesar 3.687.

Kemudian menyusul BPJS Ketenagakerjaan dengan jumlah 1.896, BPJS Kesehatan sebanyak 1.773, Polri sebanyak 1.340 dan Badan Kepegawaian Negara sebanyak 1.346.

Add a Comment