Korut Akan Menghancurkan Hotel Korsel di Gunung Kumgang Karena….

primaberita - gunung kumgang

Primaberita – Korea Utara mengancam akan menghancurkan hotel dan fasilitas lain yang dibangun oleh Korea Selatan di Gunung Kumgang. Ancaman tersebut disampaikan setelah Korsel dianggap terus mengabaikan permintaan Korut untuk merobohkan beberapa bangunan di lokasi tersebut.

Ancaman ini disampaikan beberapa pekan setelah pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi lokasi tersebut.

Ejekan Korut

Dalam pernyataan resmi terbaru, Jumat (15/11) Korut mengejek Korsel yang memohon agar membiarkan fasilitas tersebut meski hanya berada di bagian sudut pegunungan. Korsel juga menyinggung partisipasi dalam program pariwisata di masa depan setelah menunda wisata bersama selama lebih dari satu dekade karena ada ketakutan dengan Amerika Serikat.

Korut mengancam akan secara sepihak meruntuhkan berbagai fasilitas yang berada di Gunung Kumgang jika Korsel tetap berkeras pada tuntutan mereka.

“Pada 11 November lalu kami telah mengirimkan sebuah ultimatum untuk memperingatkan otoritas Korsel jika mereka tetap berkeras, kami akan menganggapnya sebagai sebuah pengabaian untuk menarik dan akan mengambil langkah tegas untuk menghancurkan berbagai fasilitas,” ungkap pernyataan tersebut seperti dilansir AFP.

Gunung Kumpang

Korut kembali menekankan jika Gunung Kumgang bukan milik bersama dengan Korsel. Pihak Korut juga mengatakan lokasi itu juga bukan tempat yang menjadi simbol rekonsiliasi dan kerja sama antar kedua negara.

Juru bicara Kementerian Unifikasi Kim Eun-han membenarkan langkah Korut yang telah memberikan ultimatum. Namun tetap tidak ada batas waktu tertentu yang dikeluarkan. Ia menyebutkan Korsel akan terus mengajukan inspeksi dan pertemuan tatap muka antara kedua negara Korea terkait masalah tersebut.

“Pemerintah mempertahankan posisinya bahwa isu (Gunung) Kumgang harus diselesaikan dengan dialog antara Korsel dan Korut dan akan menghadapi situasi dengan tenang selagi berkoordinasi erat dengan operator tur. Kami meminta Korut untuk merespon posisi kami,” kata Eun-han.

Pihak pemerintah dan perusahaan asal Korea Selatan membangun puluhan fasilitas turis sepeti hotel hingga restoran di Gunung Kumgang untuk mengakomodasi turis sejak 1998.

Eun-han menegaskan masalah ini harus diselesaikan dengan dialog antar kedua negara selagi berkoordinasi dengan operator tur.

Add a Comment