Perhatikan Gejala Dan Penyebab Penyakit Malaria, Bisa Mengakibatkan Kematian

primaberita-gejala-penyakit-malaria

PrimaberitaMalaria adalah penyakit infeksi menular yang menyebar melalui gigitan nyamuk. Penderita malaria akan mengeluhkan gejala demam dan menggigil. Gejala penyakit malaria sendiri baru muncul 10 sampai 15 hari setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi.

Oleh karena itu penting untuk kamu mengetahui gejala dan penyebab penyakit malaria. Sebab, penyakit ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani.

Berikut Gejala dan Penyebab penyakit malaria :

Gejala Malaria                      

Gejala malaria timbul setidaknya 10-15 hari setelah digigit nyamuk. Munculnya gejala melalui tiga tahap selama 6-12 jam, yaitu menggigil, demam dan sakit kepala, lalu mengeluarkan banyak keringat dan lemas sebelum suhu tubuh kembali normal. Tahapan gejala malaria dapat timbul mengikuti siklus tertentu, yaitu 3 hari sekali (tertiana) atau 4 hari sekali (kuartana).

Baca juga : Perokok Aktif, Bersihkan Paru-Paru Dengan 7 Cara Mudah Ini

Gejala yang timbul sering kali ringan dan sulit diidentifikasi sebagai malaria. Beberapa gejala malaria seperti berikut

– Demam tinggi

– Sakit kepala

– Berkeringat

– Menggigil

– Muntah

– Nyeri otot

– Diare

Beberapa orang mengira malaria dapat menular. Menular melalui lewat kontak seksual atau fisik dengan orang terinfeksi. Rupanya penyakit malaria tidak dapat menular melalui kontak seksual atau fisik dengan orang yang terinfeksi. Malaria hanya dapat ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi.

Penyebab Malaria

Manusia dapat terkena malaria setelah digigit nyamuk yang terdapat parasit malaria di dalam tubuh nyamuk. Gigitan nyamuk tersebut menyebabkan parasit masuk ke dalam tubuh manusia. Parasit ini akan menetap di organ hati sebelum siap menyerang sel darah merah.

Parasit malaria ini bernama Plasmodium. Jenis Plasmodium bermacam-macam, dan akan berpengaruh terhadap gejala yang ditimbulkan serta pengobatannya.

Terkait : Waspadai 7 Gejala Ini, Tanda – Tanda Gangguan Penyakit Liver

· Plasmodium falciparum

Plasmodium falciparum adalah parasite penyebab malaria paling umum dan menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian yang diakibatkan oleh malaria.

· Plasmodium vivax

Plasmodium vivax menimbulkan gejala yang sedikit lebih ringan daripada malaria yang disebabkan Plasmodium falciparum. Namun, Plasmodium vivax dapat membuat malaria kambuh kembali karena dapat bertahan di dalam organ hati selama tiga tahun.

Add a Comment