Jembatan Bersejarah Terbaik Indonesia, Terbuat Dari Akar Pohon ??

PrimaBerita – Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Jembatan Youtefa di kota Jayapura, Papua. Jembatan Bersejarah karena menghubungkan dua kawasan yang tadinya berjauhan, juga sebagai penanda meningkatknya kemampuan konstruksi di dunia. Jembatan Youtefa berkonsep sama dengan Jembatan Tol Bali Mandara yang juga melintasi kawasan perairan.

Jembatan Akar Bayang, Sumatera Barat

Bukan dari beton atau semen, melainkan akar yang menjadi pondasi dari jembatan tertua di Indonesia ini. Melintas sepanjang 25 meter di atas Sungai Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, jembatan ini sudah berusia lebih dari 100 tahun yang berasal dari Pohon Beringin. Agar wisatawan semakin nyaman saat melintasinya, jembatan unik ini sudah ditambahi oleh kawat besi dan pijakan kayu sebagai pengaman.

Jembatan Ampera, Palembang

Mirip jembatan yang ada di jantung kota London, dahulu kala Jembatan Ampera (amanat penderitaan rakyat) juga bisa mengangkat ruas jalannya ketika ada kapal yang melintas di Sungai Musi. Jika jembatan yang ada di London masih berfungsi demikian, sayangnya tidak lagi di jembatan ini.

Jembatan Suramadu, Surabaya

Jembatan Suramadu – atau berkepanjangan Surabaya dan Madura, melintasi Selat Madura yang menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan), Jawa Timur. Sepanjang 5.438 meter dan selebar 30 meter, jembatan yang dibangun pada masa pemerintahan Megawati dan diresmikan saat pemerintahan Presiden SBY ini merupakan yang terpanjang di Indonesia saat ini.

Jembatan Cikurutug, Purwakarta

Saat melintasi Tol Cipularang, turis pasti melihat pemandangan indah nan klasik berupa jembatan rel kereta di tengah sawah, jurang, dan perbukitan. Kereta Jakarta-Bandung melewati jalur yang disebut salah satu paling mengerikan di dunia ini. Bahkan untuk melewatinya, kereta harus menggunakan kecepatan rendah agar tetap seimbang di atas rel.

Jembatan Siak, Riau

Jembatan megah ini terletak di Provinsi Riau. Di puncak jembatan, terdapat dua restoran yang bisa dikunjungi turis. Untuk bisa menikmati pemandangan dari atas, tentu saja pengunjung harus memesan menu dari restoran tersebut. Agar bisa naik ke atas, ada lift khusus yang bakal membawa pengunjung.

Jembatan Pasar Ayam, Jakarta

Jembatan ini merupakan jembatan gantung tertua di Jakarta. Dibangun pada tahun 1628, jembatan ini sempat hancur akibat serangan Banten dan Mataram lalu dibangun kembali pada tahun 1630. Saat ini jembatan bernama Jembatan Kota Intan dan menjadi objek wisata bersejarah di Jakarta.

Jembatan Cikubang, Padalarang

Sama seperti Jembatan Cikurutug, Jembatan Cikubang juga melintasi sawah, jurang, dan perbukitan. Jembatan Cikubang mulai digunakan sejak tahun 1906 dan masih saat ini masih kukuh berdiri dengan tinggi 80 meter dari dasar Sungai Cikubang.

Jembatan Kelok 9

Jembatan ini merupakan ruas berkelok sepanjang 300 meter yang terletak di kota Payakumbuh. Tikungannya yang tajam dengan lebar hanya sekitar lima meter serta berbatasan dengan jurang. Ada dua cagar alam didekat jembatan ini, yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Jembatan ini menjadi lokasi ajang balap sepeda Tour de Singkarak setiap tahunnya.

Add a Comment