Jalan Kaki Dapat Membuat Awet Muda Hingga Meningkatkan Kreativitas

prima berita - jalan kaki

PrimaBerita – Jalan kaki telah menjadi aktivitas yang dikaitkan dengan pembakaran kalori, penurunan berat badan, hingga kepadatan tulang. Padahal lebih dari itu, jalan kaki juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya bahkan dapat dirasakan secara instan.

Alergi berkurang

Berjalan atau berlari hanya 15 menit dapat mengurangi sejumlah gejala alergi seperti bersin, gatal, hidung tersumbat, dan pilek hingga 70 persen. Perbaikan kondisi alergi dinilai berhubungan dengan meningkatnya daya tahan tubuh sejalan dengan peningkatan aktivitas fisik.

Menurunnya sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan masalah kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, serta diabetes. Sindrom metabolik ditandai dengan meningkatnya tekanan darah, kolesterol gula darah tinggi, dan peningkatan jumlah lemak perut yang terjadi bersamaan.

Kebahagiaan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine, berjalan kaki di luar ruangan selama 15 menit efektif meningkatkan suasana hati. Tak hanya itu, studi menyebut orang dengan depresi yang rutin berjalan kaki setiap hari mengalami perbaikan kondisi layaknya pasien yang mengonsumsi obat-obatan. Bahkan, efek positif yang dihasilkan dari jalan kaki berlangsung lebih lama dengan efek obat dalam pengobatan depresi.

Kreativitas

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Neuroscience menemukan bahwa berjalan kaki dapat mengasah kemampuan berpikir konvergen dan divergen, yang keduanya terkait dengan peningkatan kreativitas dan ‘kelahiran’ ide-ide baru. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa jalan kaki bisa menjadi ‘makanan’ terbaik bagi otak yang sedang buntu.

Awet muda

Berjalan kaki dapat membatu efektivitas perawatan antikeriput yang sedang Anda jalani dengan cara mempertahankan atau memperpanjang telemor, ungkap studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Telemor sendiri merupakan bagian dari DNA yang memendek seiring bertambahnya usia.

Terapi untuk insomnia

Dalam sebuah studi besar mengenai tidur, para peneliti menemukan bahwa orang yang rutin berjalan kaki memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Peneliti menyarankan untuk rutin berjalan kaki setiap hari sebagai salah satu terapi untuk mengatasi gangguan tidur.

Vitamin mata

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, para peneliti menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas aerobik secara teratur memiliki bola mata yang lebih sehat dan lebih kecil kemungkinannya menderita masalah mata, seperti degenerasi retina dan kehilangan penglihatan terkait usia.

Add a Comment