Loading...
Ekonomi Bisnis Serba Serbi

Investasi Emas, Emas Perhiasan atau Emas Batangan?

PrimaBerita – Investasi merupakan salah satu cara untuk memanajemen keuangan masa depan. Di tengah berbagai instrumen investasi, investasi emas masih menjadi primadona masyarakat untuk menanamkan dananya.

Investasi emas dinilai memiliki lebih banyak keuntungan, antara lain harga yang relatif stabil. Dalam investasi emas, Anda bisa memilih dalam bentuk perhiasan atau batangan.

Hendri Wijaya, Owner Semabda Gold, menjelaskan ada beberapa kelebihan dan kekurangan antara emas perhiasan dan batangan.

Loading...

Emas perhiasan dapat dipakai

Selain dipakai untuk barang simpanan, emas perhiasan dapat digunakan untuk mempercantik penampilan. Dengan berbagai bentuk seperti anting, kalung, dan gelang bisa menjadi tambahan untuk penampilan.

“Perhiasan bisa dipakai dan sekaligus investasi itu yang membuat banyak tertarik apalagi bisa dipakai untuk kebutuhan gaya apalagi berdasarkan data pembeli di Sembada Gold, jumlah permintaan emas perhiasan pada bulan Januari hingga Juni naik drastis sementara pada bulan Juli-Agustus menurun,” jelasnya.

Sementara emas batangan tidak bisa dipakai karena memiliki bentuk yang cenderung lebih besar dan berbentuk batang.

Nilai jual

Emas perhiasan memiliki nilai jual yang relatif rendah. Harga perhiasan dipengaruhi oleh biaya pembuatannya yang tak murah dan butuh perawatan khusus nan cermat. Emas batang memiliki nilai jual lebih tinggi. Selain itu, emas batangan juga tidak memerlukan biaya desain sebagaimana perhiasan.

“Tahun ini emas batang mulai dari Februari sampai Juni pembeliannya naik dengan angka yang tidak relatif besar namun pada bula Agustus turun,” ujarnya.

Penyimpanan

Emas perhiasan karena memiliki bentuk dan ukuran yang kecil kebanyakan disimpan di rumah di dalam kotak perhiasan. Sementara emas batang harus disimpan khusus di tempat yang aman dan nyaman dan kebanyakan bukan di dalam rumah.

“Penyimpanan emas batang sekarang bisa di mana-mana, contohnya di ATM Lakuemas yang menjadi partner kita. Melalui ATM pun bisa melakukan transaksi seperti mengambil, menjual dan menyimpan,” kata dia.