IEU-CEPA : Uni Eropa Terancam Resesi Jadi Peluang Bagi Indonesia

primaberita-uni-eropa-terancam-resesi

Primaberita – Posisi Uni Eropa yang sedang terancam resesi, bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mempercepat dan memanfaatkan potensi yang tersedia dari Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership (IEU-CEPA).

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Benny Soetrisno mengatakan deindustrialisasi terancam resesi di Uni Eropa (UE) justru bisa mendatangkan keuntungan bagi Indonesia. Pasalnya, perusahaan UE akan berupaya mencari negara-negara mitra yang potensial sebagai destinasi relokasi bisnisnya.

Baca juga : Gara-Gara Babi, Inflasi China Tertinggi Sejak 2012 Dan Melonjak Tinggi

Dia pun mendesak pemerintah Indonesia segera menuntaskan perundingan IEU-CEPA dalam waktu dekat.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W. Kamdani mengakui kondisi UE yang terancam resesi di beberapa negara anggotanya, akan membuat perundingan IEU-CEPA menjadi lebih kompleks.

Namun demikian, dia menilai Indonesia bisa mengambil efek positifnya dari tingginya persyaratan yang diminta oleh UE dalam IEU-CEPA. Pasalnya, tingginya persyaratan untuk melakukan ekspor ke UE secara tidak langsung akan membuat produk Indonesia dipaksa meningkatkan daya saingnya.

Di samping itu, dia menilai ancaman resesi yang terjadi di UE akan membuat potensi  arus relokasi industri dari kawasan tersebut menjadi lebih kencang. Menurutnya, Indonesia bisa memanfaatkan kelebihan UE di bidang teknologi tinggi untuk membantu revitalisasi industri di Indonesia.

Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal mengatakan terdapat kecenderungan UE akan lebih sulit diajak bernegosiasi lantaran masih disibukkan oleh persoalan di dalam negerinya, mulai dari ancaman resesi hingga keluarnya Inggris dari blok tersebut. Di sisi lain, ancaman resesi juga akan membuat potensi pasar ekspor Indonesia ke UE juga berkurang.

Terkait : Indomie Menempati Posisi Ramen Terenak Di Dunia, Ada Yang Protes

Adapun, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan IEU-CEPA akan menjadi salah satu perjanjian dagang dan ekonomi yang diprioritaskan diselesaikan negosiasinya pada 2020.

Add a Comment