Atasi Gagal Jantung Dengan Tips Ini Ampuh. Ayo Coba

PrimaBerita – Gagal jantung tak menjadi akhir dari segalanya. Para penderita gagal jantung dapat tetap menjalani hidup sehat dengan memperhatikan berbagai hal.

Gagal jantung membuat jantung tak mampu mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini umumnya ditandai dengan sesak napas, cepat lelah, serta pembengkakan pada tungkai dan pergelangan kaki. Gejala akan berkembang secara bertahap.

Berhenti merokok

Tak hanya merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Penderita gagal jantung harus berhenti dari kebiasaan merokoknya. Selain rokok, penderita juga harus menghindari konsumsi alkohol.

Pelajari kondisi jantung

Semakin Anda memahami gagal jantung, semakin mudah Anda menjalani hidup. Dengan pengetahuan itu, Anda akan mematuhi rencana perawatan dan pengobatan dengan lebih baik.

Perhatikan asupan lemak

Penderita gagal jantung harus menghindari asupan lemak jenuh. Lemak tak sehat ini membuat jantung yang lemah harus bekerja lebih keras.Saat jantung kelelahan, cairan akan semakin menumpuk di dalam tubuh.

Tak lupa minum obat

Dokter umumnya meresepkan obat diuretik untuk penderita gagal jantung. Obat ini dapat mengurangi penumpukan cairan pada tubuh.

Sebagai bagian dari rencana perawatan, Anda juga mungkin perlu mengonsumsi obat lain seperti beta blocker atau penghambat enzim konversi angiotensin (ACE). Obat ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada jantung. Namun, sebelumnya pastikan Anda memahami obat yang dikonsumsi. Bicarakan dengan dokter jika ada kemungkinan efek samping.

Bergerak

Kelelahan menjadi salah satu gejala gagal jantung. Olahraga disebut dapat membantu Anda melawan rasa lelah. Olahraga juga dapat membantu menguatkan otot jantung. Tak hanya itu, olahraga juga meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Lakukan olahraga santai secara rutin seperti aerobik atau berjalan kaki. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mulai menjalankan olahraga rutin.

Konsumsi buah dan sayuran

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda membutuhkan vitamin dan mineral. Buah dan sayuran segar adalah sumber vitamin dan mineral terbaik. Anda bisa berburu kandungan potasium dari pisang, melon, kacang, kismis, kentang, dan buah bit. Namun, perhatikan pula jumlah konsumsi. Terlalu banyak potasium juga akan menimbulkan masalah

Baca juga: Wow ! Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik Di Dunia

Add a Comment