AS-China Gagal Damai Dagang November Ini Hanya Karena….

primaberita-gagal-damai-dagang

Priamberita – Presiden Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping kembali berseteru. Perseteruan tesrsebut membuat AS-China gagal damai dagang bulan ini. Hal tersebut terjadi karena rencana lokasi pertemuan yang tidak kunjung disepakati.

Adapun, yang menyulut masalah terkait lokasi pertemuan yakni berkaitan dengan persyaratan lokasi pertemuan yang ditetapkan oleh kedua negara.

Awalnya, pertemuan kedua pemimpin negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu dijadwalkan dilakukan di pertemuan puncak para pemimpin Asia-Pasifik pada pertengahan-November di Chili. Namun, pertemuan itu telah dibatalkan.

Pemilihan London, Inggris, sebagai tempat perundingan selanjutnya adalah karena di kota itu akan diadakan pertemuan puncak NATO pada 3-4 Desember. Trump dan Xi diperkirakan akan hadir.

Baca juga : Presiden Jokowi Sindir Surya Paloh Habis-Habisan, Pasca Bertemu PKS

Orang-orang terdekatnya mengatakan bahwa penandatanganan kesepakatan bisa saja dilangsungkan di daerah sekitar London sebelum atau setelah kunjungan Trump.

Beberapa tempat yang sedang jadi pertimbangan di antaranya adalah beberapa negara di Eropa dan Asia termasuk Swedia dan Swiss, kata pejabat itu.

Ia juga mengatakan permintaan China untuk menghapuskan tarif AS kemungkinan akan dibahas di pertemuan. Namun diharapkan hal itu tidak akan menggagalkan kesepakatan sementara.

Amerika Serikat dan China sudah berselisih terkait dengan lokasi untuk pertemuan tersebut sejak lama. Namun terkait perselisahan tersebut AS-China gagal damai dagang untuk bulan ini.

AS menyarankan untuk menjadi tuan rumah pertemuan di Iowa untuk menampilkan manfaat pertanian dari kesepakatan potensial.

Tetapi Cina menyarankan Hawaii atau Alaska, dengan preferensi untuk bahwa kawasan Alaska. Bisa menghidupkan kembali kemitraan keduanya yang berkaitan dengan gas alam cair.

Terkait : Bandara Amsterdam Panik, Pilot Tak Sengaja Aktifkan Alarm Pembajakan

Jauh sebelum itu, pada Februari 2019 tahap awal diskusi kesepakatan, Xi menyarankan kedua pemimpin bertemu di Asia setelah KTT Trump di Vietnam. Beberapa bulan kemudian, kedua negara membahas terkait KTT penandatanganan di salah satu resort milik Trump, Mar-a-Lago di Florida.

Add a Comment