Aktivitas Fisik Terbaik bagi Tubuh Menurut Pakar Harvard…

PrimaBerita – Bagi sebagian orang, olahraga di pusat kebugaran dapat menjadi hal yang mengintimidasi diri. Padahal, ada cukup banyak jenis latihan dan aktivitas fisik yang bisa dilakukan.

Pada dasarnya semua olahraga dan aktivitas fisik berguna bagi kesehatan kita. Artinya, kamu boleh memilih olahraga apa saja sesuai yang kamu sukai.

Ada 5 jenis aktivitas fisik yang dianggap terbaik oleh pakar dari Harvard Medical School.

Berenang

Berenang dapat meredakan ketegangan sendi yang menyebabkan sakit, dan membantu kita bergerak lebih leluasa. Renang menjadi aktivitas fisik yang sangat baik untuk penderita radang sendi (artritis).

Selain itu, secara umum olahraga renang membantu menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya untuk kesehatan fisik, berbagai studi juga telah menemukan bahwa renang memberikan efek positif untuk kesehatan mental serta membantu meningkatkan suasana hati.

Selain renang, olahraga fisik di kolam yang bisa diikuti adalah aerobik dalam air. Aerobik membantu pembakaran kalori serta membantu pembentukan badan.

Tai chi

Tai chi adalah bentuk latihan dari tradisi China yang melibatkan gerakan lambat dan penarikan napas yang dalam. Aktivitas ini amat baik untuk tubuh serta pikiran.

Latihan tai chi sangat disarankan untuk kelompok lanjut usia, karena aktivitas ini menawarkan keseimbangan, sesuatu yang rentan berkurang seiring pertambahan umur. Untuk melakukan gerakan yang tepat, kita lebih disarankan untuk mengambil kelas tai chi, dibandingkan melakukannya tanpa pendamping.

Senam Kegel

Senam Kegel dapat menjaga kesehatan otot dasar panggul yang menopang kandung kemih. Dengan kuatnya otot dasar panggul, risiko inkontinensia urine pun dapat diturunkan. Inkontinensia urine adalah ketidakmampuan diri untuk mengontrol buang air kecil.

Perlu juga digarisbawahi, senam Kegel tak hanya menyehatkan untuk wanita, namun juga kaum pria. Aktivitas fisik tidak memandang umur. Berapa pun usia kamu saat ini, tetap banyak pilihan aktivitas fisik dan latihan yang bisa dilakukan dengan rutin, demi tubuh yang sehat dan bugar.

Latihan kekuatan

Aktivitas fisik ini tak hanya untuk pria, perempuan juga dapat melakukan latihan kekuatan. Dengan melakukan olahraga ini, kita dapat mencegah penurunan kekuatan pada otot.

Selain itu, latihan kekuatan juga dapat menjaga berat badan ideal karena massa otot yang lebih banyak membantu tubuh dalam membakar kalori. Kunci awal dalam melakukan latihan kekuatan adalah gerakan yang tepat.

Kita disarankan untuk tidak fokus pada berat beban yang diangkat. Beban ringan dapat menjadi awal mula yang baik, asalkan gerakan yang dilakukan bisa tepat.

Jalan kaki

Walau terlihat sederhana, jalan kaki dapat menjadi aktivitas fisik yang baik untuk dilakukan. Jalan kaki membantu menurunkan kadar kolesterol, memperkuat tulang, dan mencegah berbagai penyakit parah, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Tak hanya itu, jalan kaki juga sangat disarankan karena dapat membantu memperbaiki suasana hati bila rutin dilakukan. Berbagai studi juga menemukan, jalan kaki dan aktivitas fisik lain dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah hilang ingatan terkait usia.

Sebagai permulaan, kita cukup berjalan kaki selama 15 menit. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan durasi ini menjadi 30-60 menit dalam satu hari. Jangan lupa, pastikan sepatu yang dikenakan nyaman di kaki.

Add a Comment