Loading...
Editor Choice Peristiwa Serba Serbi

5 Alasan Mengapa Anjing Menggigit Dan Menyerang Manusia

Primaberita – Kejadian nahas digigit anjing pit bull menimpa anak berusia 8 tahun berinisial M, warga Medan Deli, Sumatera Utara. Anjing pit bull yang menggigit dan menyerang anak itu adalah anjing milik ayah nya sendiri.

Akibat gigitan itu, M mengalami luka serius di bagian wajah dan kepala. Saat ini bocah perempuan tersebut dirawat di RS Columbia, Medan.

Baca juga : Cucu Tega Tendang Kakeknya Hanya Karena Pakan Ikan

Loading...

Peristiwa itu bermula saat korban sedang bermain dengan anjing pit bull. Korban tiba-tiba diserang hingga mengalami luka-luka di bagian wajah dan kepala.

Pelatih anjing terkenal Cesar Millan mengungkapkan bahwa kasus gigitan dan serangan anjing memang bisa menimpa siapa saja. Namun, anak-anak di bawah usia 13 tahun adalah korban terbanyak.

Untuk mencegah serangan anjing, Millan menyarankan untuk lebih dulu paham soal alasan anjing menyerang. Dia mengatakan bahwa ada beberapa alasan penting mengapa anjing sampai menggigit atau menyerang manusia.

Berikut 5 alasan mengapa anjing menggigit dan menyerang manusia

1. Anjing posesif

njing juga memiliki rasa posesif atau kepemilikan yang tinggi akan sesuatu, baik itu kandang, rumah, mainan, makanan, bahkan pada pemiliknya. Anjing penjaga dan anjing keluarga mungkin memiliki rasa posesif yang tinggi akan sesuatu. Namun, pasa dasarnya semua anjing punya rasa ini.

2. Ketakutan

Rasa takut yang dialami anjing akan menimbulkan sebuah kewaspadaan tersendiri padanya. Rasa takut anjing biasanya ditujukan kepada orang asing yang belum pernah dilihatnya misalnya pada dokter hewan atau pengantar surat, atau bahkan pada Anda yang kebetulan saja melintas dan berhenti di depan pagar rumah yang dijaganya.

Rasa takut anjing juga bisa berkembang di situasi yang tak biasa untuknya. Jangan mengagetkan anjing, mengganggunya saat tidur, atau berjalan mengendap-endap. Hal ini akan membuat dia kaget dan akhirnya menggigit.

Untuk mengantisipasi serangan atau gigitan anjing, hindari mendekati anjing yang tak dikenal. Ajarkan anak untuk melakukan hal yang sama.

3. Sakit

Kesakitan yang dialami anjing, termasuk anjing pit bull bisa membuat mereka menyerang dan menggigit manusia. Rasa sakit juga bisa membuat anjing yang akrab dengan manusia jadi galak.

4. Melindungi keluarga atau harta berharga

Anjing juga memiliki maternal instinct untuk melindungi keluarganya atau harga berharganya. Anjing cenderung galak bila dia memiliki anak yang masih kecil.

Baca juga : Kopilot Wings Air Tewas Gantung Diri, Masih Dalam Misteri

5. Obyek bergerak

Pernah melihat orang yang berlari dikejar anjing? Ada sebabnya mengapa anjing menyerang orang yang berlari atau bersepeda. Mengutip Cesar’s Way, cara terbaik untuk berhenti dikejar anjing adalah berdiri tegak dan diam mematung beberapa saat sambil menghadap anjingnya. Namun, jangan melakukan kontak mata dengan anjing agar dia tak semakin merasa ditantang.

Jika sudah begini, anjing akan merasa bahwa Anda sudah tak menarik baginya dan mencari hal yang baru lagi.