Editor Choice Kesehatan Kuliner

Tips Tingkatkan Kemampuan Otak Bayi dengan Makanan Ini

PrimaBerita – Asupan nutrisi selama hamil tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan stamina ibu, namun juga sangat berpengaruh pada perkembangan janin. Ada sejumlah makanan yang kandungan nutrisinya dapat meningkatkan kemampuan otak bayi bila dikonsumsi selama kehamilan, salah satunya ialah seafood atau makanan laut.

Penelitian

Peneliti dari Barcelona Institute for Global Health menganalisis asupan diet dari seribu ibu hamil. Anak-anak mereka pun kemudian menjalani tes kemampuan konsentrasi.

Hasilnya, peneliti menemukan anak yang ibunya rutin mengonsumsi ikan dan jenis makanan laut lain selama kehamilan trimester pertama, akan meningkatkan kemampuan otak bayi. Hal ini juga diperoleh anak yang ibunya mengonsumsi lemak ikan selama hamil. Sedangkan anak yang ibunya hanya mengonsumsi tuna kaleng atau kerang memperoleh nilai lebih rendah ketimbang yang lain.

Komponen Nutrisi

Tim menduga ikan mengandung komponen nutrisi yang penting untuk perkembangan otak semisal asam lemak tak jenuh ganda. Riset yang diterbitkan di The International Journal of Epidemology juga menganalisis data dari kebiasaan makan anak usia 1, 5, dan 8 tahun.

“Konsumsi makanan laut selama trimester pertama kehamilan memiliki efek yang lebih besar pada kemampuan anak-anak dalam berkonsentrasi. Ketimbang mengonsumsinya di akhir usia kehamilan,” jelas pemimpin studi Jordi Julvez

Baca juga: Alasan Efek ‘Ketagihan’ dari Musik Menciptakan….