Kesehatan Lifestyle

Tidak Mencuci Tangan Dapat Menyebabkan Penyakit Hepatitis Hingga….

PrimaBerita – Menurut Menteri Kesehatan RI, drEndang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DR.PH, tingkat kesadaran Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Salah satunya adalah kebiasaan mencuci tangan yang masih jarang dilakukan.

Sumber penyebab penyakit memang tidak terlihat oleh mata secara langsung dan bisa berasal dari mana saja. Tangan merupakan media penghantar utama penularan penyakit, karena tangan sering melakukan kontak langsung dengan berbagai benda atau area yang mengandung banyak kuman penyebab penyakit. Untuk mengatasi berbagai risiko penyakit tersebut maka biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan.

Berikut sejumlah penyakit yang dapat menyerang karena tangan tidak dicuci dengan bersih.

Infeksi Bakteri Salmonella

Jika tidak mencuci tangan sebelum makan, maka bakteri salmonella yang masih hinggap di tangan tidak akan mati. Akibatnya bakteri salmonella akan menyebar ke berbagai tempat, sehingga makanan yang disentuh dengan tangan pun terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Kemudian, telur bakteri salmonella akan berpindah ke dalam saluran pencernaan, sehingga menyebabkan infeksi dengan gejala seperti keringat dingin, mual, muntah-muntah hingga diare.

Penyakit Hepatitis

Penyakit yang menyerang organ hati ini termasuk jenis penyakit yang mudah menular. Virus ini bisa menyebar dengan mudah lewat udara dan makanan. Kontak langsung bahkan lingkungan yang buruk bisa menjadi tempat endemi hepatitis. Penyakit hepatitis ditandai dengan gejala seperti kelelahan, kulit menguning, warna urin gelap, mual, dan muntah.

Baca juga: Kekayaan Wapres Jusuf Kalla Tidak Tanggung – tanggung

Batuk

Batuk merupakan penyakit yang paling banyak ditularkan dengan perantara tangan yang kotor. Biasanya, ini terjadi saat virus batuk hinggap di tangan. Lalu, bila tangan yang terinfeksi menyentuh mulut atau memegang makanan yang dimasukkan ke mulut, maka virus dapat masuk dengan mudah ke tubuh.

Diare

Diare adalah penyakit yang menular dari feses atau tinja. Virus, bakteri atau parasit dari feses dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan sering buang air besar dalam kondisi yang encer atau mencret.

Mata merah

Mata merah atau konjungtivitis juga dapat menular lewat tangan yang kotor. Saat tangan yang kotor memegang mata, organ penglihatan itu dapat iritasi atau cedera ringan. Untuk mencegah berbagai macam penyakit ini, Kanya menyarankan agar setiap orang dapat mencuci tangan dengan bersih pada saat sebelum dan setelah makan serta setelah dari kamar kecil.

Flu

Selain batuk, flu juga dapat ditularkan melalui virus yang menempel di tangan karena luput cuci tangan. Influenza dapat menyebabkan pilek, hidung tersumbat, dan berbagai infeksi saluran pernapasan atas lainnya.

Baca juga: Bahaya, Jangan Makan Buah Ini Secara Bersamaan Berakibat Fatal