primaberita-kebanyakan-duduk-sama-mematikannya-dengan-merokok
Lifestyle

Ternyata, Kebanyakan Duduk Sama Mematikannya Dengan Merokok

Primaberita – Kemudahan teknologi dan juga pergeseran cara kerja menjadi lebih banyak di belakang meja membuat masyarakat kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal, kebanyakan duduk sama mematikannya dengan merokok.

Bahkan saat ini sudah ada istilah sitting is the new smoking (duduk adalah rokok versi baru), yang menyatakan bahwa efek dari duduk yang terlalu lama ternyata sama berbahayanya dengan merokok.

Jika satu batang rokok bisa menurunkan usia harapan hidup hingga 11 menit. Duduk selama dua jam disebut bisa menurunkan usia harapan hidup hingga 22 menit. Hal itu lah yang menyebabkan kebanyakan duduk sama mematikannya dengan meerokok.

Baca juga : Hati-Hati ! Terlalu Banyak Minum Air Bisa Mengakibatkan Kematian

Sejumlah masalah kesehatan juga mengancam salah satunya adalah kaku otot paha belakang. Ketika otot kaku, maka kita akan lebih rentan terserang sakit punggung. Bagi orang-orang yang banyak duduk di depan komputer. Ancaman sakit leher pun mengintai dan ada akhirnya peredaran darah menjadi tidak lancar.

Dalam jangka panjang, minim aktivitas fisik bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, jantung, stroke, bahkan berujung pada kematian.

Tiga alasan umum masyarakat perkotaan minim atau malas melakukan banyak aktivitas fisik. Tiga alasan tersebut adalah merasa tidak punya waktu, tidak punya peralatan dan malas berkeringat.

Terkait : Kelelahan Bisa Mengakibatkan Kematian, Cegah Kelelahan Dengan Ini

Hindari Duduk Terlalu Lama, Ini 5 Bahaya Nya.

Padahal, aktivitas fisik tak melulu harus meluangkan waktu di gym atau tempat lainnya selama berjam-jam melainkan bisa dengan mengubah pola hidup menjadi lebih aktif. Misalnya dengan memilih naik kendaraan umum daripada membawa kendaraan pribadi atau parkir lebih jauh ketika membawa kendaraan hingga memperbanyak jalan kaki ketika makan siang.

Selain itu, usahakan setiap dua jam sekali kita berdiri dan bergerak atau melakukan peregangan kurang lebih selama lima hingga 10 menit.