Suka Lupa? Yuk.. Lakukan 5 Latihan Mudah ini Untuk Hindari Pikun

Primaberita – Otak adalah salah satu organ di dalam tubuh yang digunakan setiap hari. Sehingga, agar otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik harus di rawat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk hindari pikun adalah melakukan latihan otak demi meningkatkan ingatan, konsentrasi, dan fungsi otak.

Berikut 5 Latihan mudah untuk hindari pikun

1. Melatih ingatan

Jika melihat sebuah daftar, baik itu daftar nama atau daftar belanjaan, misalnya, cobalah untuk mengingatnya. Latihan otak ini dapat digunakan untuk mengetes kemampuan demi mencegah pikun.

2. Dengarkan musik

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan setiap hari adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu latihan otak karena dapat menstimulasi otak.

3. Mainkan Alat musik

Selain itu, pelajari cara memainkan instrumen musik, mulai dari gitar, piano, atau drum. Saat mempelajari hal yang baru, sel-sel saraf otak yang baru akan muncul dan menyimpan semua informasi baru yang sedang dipelajari tersebut.

Baca juga : Bagi Penderita Kanker, Ini Tips Aman Makan Buah Dan Sayuran Segar

4. Hitung-hitungan di kepala

Daripada menghitung menggunakan kalkulator yang ada di ponsel atau mencorat-coret kertas, melakukan hitung-hitungan di dalam kepala adalah salah satu latihan otak untuk mencegah pikun.

Pasalnya, untuk mendapatkan jawaban yang benar, menghitung dengan cara membayangkan lebih banyak tantangannya daripada melihat angka-angkanya di depan mata.

5. Gunakan tangan yang tidak dominan

Salah satu latihan otak untuk hindari pikun lainnya yang bisa dipraktikkan adalah melakukan aktivitas menggunakan tangan yang biasanya jarang Anda gunakan.

Terkait : Bisa Bermain Musik? Ini 5 Manfaatnya Untuk Kesehatan

5 Cara Mudah Ini Dijamin Ampuh Atasi Galau

Hindari Duduk Terlalu Lama, Ini 5 Bahaya Nya.

Misalnya, jika terbiasa menulis dengan tangan kanan, cobalah untuk menulis dengan tangan kiri. Begitu pula sebaliknya. Mengapa? Karena saat menulis menggunakan tangan lain yang tidak biasa digunakan, otak akan bekerja lebih keras. Otak yang lebih sering bekerja dengan lebih keras akan meningkatkan kemampuan dan fungsinya.

Tentu saja, semakin sering melakukan latihan-latihan diatas semakin baik untuk ingatan.

Add a Comment