Seleksi CPNS 2019 : Batal Diumumkan Hari ini, Dibuka Pada November

Primaberita – Pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak jadi dilakukan pada hari ini, Jumat 25 Oktober 2019 dan akan dibuka pada November. Seperti diketahui, rencana pengumuman seleksi CPNS 2019 diungkapkan langsung Menteri PANRB terdahulu Syafruddin.

Namun, sejak 20 Oktober, terjadi pergantian kepemimpinan. Syafrudin kemudian diganti dengan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri PANRB.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja sebelumnya mengatakan. Pihaknya perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan Tjahjo Kumolo selaku Menteri PANRB baru.

Mengutip dari laman resmi BKN, ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus yakni untuk pelamar cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua dan formasi lainnya yang bersifat strategi di pusat.

Baca juga : Gagal Ungkap Kasus Novel Baswedan, Jokowi Angkat Tito Jadi Mendagri

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, jadwal perndaftaran, akan dimulai pada akhir Oktober hingga awal November 2019.

Pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019. Yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020. Hasil SKD nantinya akan diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Keduanya merupakan tools utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS tahun 2019. Sementara itu, BKN juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum tertentu. Tingginya antusias dari masyarakat dalam menyembut pendaftaran seleksi CPNS kerap dimanfaatkan oleh oknum untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk itu, Ridwan berharap agar masyarakat selalu mendapatkan informasi resmi hanya dari pihak BKN.

Add a Comment