Selamat Hari Hewan Sedunia, Sayangi dan Lindungi Hewan

primaberita – Hari Hewan Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Oktober. Peringatan ini dimulai di Florence, Italia tahun 1931 pada konvensi para ahli ekologi. Pada tanggal ini, kehidupan hewan di segala jenis bentuk dihargai, dan event khusus direncanakan di berbagai lokasi di seluruh dunia. Tanggal 4 Oktober pada awalnya dipilih sebagai Hari Hewan Sedunia karena pada tanggal itu diadakan pesta perjamuan Francis of Assisi, seorang pecinta alam dan pelindung binatang dan lingkungan. Dan beberapa gereja ketika itu melakukan pemberkatan terhadap binatang pada hari Minggu yang berdekatan dengan tanggal 4 Oktober. Ketika itu, hari perayaan yang berkaitan dengan hewan seperti itu adalah perayaan khusus agama kristen.

Peringatan hari hewan sedunia awalnya dirayakan di Berlin. Ide ini datang dari seorang penulis majalah ‘Mensch und Hund’ (Man and Dog). Karena cintanya pada binatang, pria yang bernama Heinrich Zimmermann ini menggelar hari binatang sedunia pada 24 Maret 1925.

Acara yang diadakan di sebuah gedung serba guna ini sukses, dihadiri sebanyak 5000 orang. Namun sebenarnya peringatan ini akan dilakukan pada 4 Oktober. Tanggal ini dipilih bukan tanpa alasan. Tanggal ini merujuk pada perayaan Santo Fransiskus Assisi yang terkenal sangat mencintai alam. Perayaan ini gagal karena tidak mendapatkan tempat.

Tujuan dari diadakannya Hari Hewan Sedunia adalah untuk menghargai segala jenis hewan yang ada di dunia. Kehidupan hewan saat ini sangat dipengaruhi oleh tindakan manusia.Maka dari itu, sebagai makhluk hidup, hewan juga harus mendapatkan keadilan dari manusia. Pada hari perayaan ini, tim penyelamat hewan dan berbagai organisasi satwa liar akan melakukan kegiatan pengumpulan dana, bazar, dan lain sebagainya. Di hari itu juga, mereka akan memberikan penghargaan terhadap individu, sekelompok orang, atau lembaga yang dianggap telah memberikan kontribusi terbaik pada dunia hewan.

Rayakan hari hewan sedunia dengan cara menyayangi dan melindungi hewan

Tidak melakukan penyiksaan terhadap hewan. Tidak membunuh hewan yang dilestarikan negara. Hati-hati saat berkendara di daerah yang sering dilewati hewan. Mengembalikan hewan ke tempat semestinya. Mengobati luka pada hewan yang ditemukan. Melestarikan hewan langka.

Manusia memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua makhluk hidup dilindungi, terutama hewan. Seperti manusia, hewan juga memiliki kemampuan untuk merasakan sakit, senang, takut, dan frustasi. Untuk itulah manusia perlu menyayangi dan melindungi hewan.

Add a Comment