Royal Jelly Pengganti Madu, Ini Manfaat Luar Biasanya

PrimaBerita Madu yang dihasilkan sangat berguna bagi manusia. Dengan manfaat yang sangat banyak membuat madu menjadi incaran bagi semua orang. Tetapi produk yang dihasilkan lebah tidak hanyalah madu, masih ada produk lainnya yang tidak kalah bermanfaat dari madu yaitu Royal Jelly. Terlihat seperti cairan kental yang berwarna seperti susu dan diproduksi oleh lebah pekerja untuk ratu lebah dan lebah yang masih muda.

Beberapa manfaatnya

Mengandung vitamin B kompleks

Walaupun kebanyakan terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak, susu lebah juga mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah vitamin B. Beberapa jenis vitamin B yang biasanya ada di dalam makanan lebah ini termasuk:

  • Tiamin (B1)
  • Riboflavin (B2)
  • Asam pantotenat (B5)
  • Pyridoxine (B6)
  • Niasin (B3)
  • Asam folat (B9)
  • Inositol (B8)
  • Biotin (B7)

Menurunkan kadar kolesterol

Penurunan kadar kolesterol dapat berdampak dalam berkurangnya risiko terkena penyakit jantung. Salah satu manfaat royal jelly adalah dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Membantu menurunkan tekanan darah

Royal jelly dapat melindungi jantung serta membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Sebelumnya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat protein dalam susu lebah ini yang mampu mengendurkan sel otot polos pembuuih darah dan arteri. Itu sebabnya, makanan ratu lebah ini juga disebut-sebut bisa menurunkan tekanan darah secara perlahan. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan makanan ratu lebah ini dan efeknya pada tekanan darah

Mengatasi mata kering yang kronis 

Manfaat lainnya dalam mengatasi mata kering dengan meningkatkan pengeluaran air mata dan mencegah mata kering.

Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat royal jelly bagi kesehatan dikarenakan Kandungan glikoprotein dan asam lemak dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko tubuh terserang infeksi bakteri dan virus.

Meringankan efek menopause

Saat wanita mengalami menopause, terdapat berbagai dampak dari kondisi tersebut, seperti depresi, kecemasan, gangguan memori, dan sebagainya. Manfaat royal jelly dalam mengatasi menopause adalah meningkatkan memori serta mengurangi kecemasan dan depresi.

Mengatur kadar gula darah

Royal jelly dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah dengan mengurangi peradangan dan oksidasi dalam tubuh. Manfaat royal jelly dalam mengatur kadar gula darah masih membutuhkan riset lebih lanjut dan karenanya penderita diabetes masih perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi.

Mempercepat penyembuhan luka

Royal jelly yang dioleskan pada luka ataupun dikonsumsi secara oral dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi peradangan pada kulit. Manfaat royal jelly yang satu ini juga disokong dengan kandungan antibakterinya yang dapat mencegah infeksi pada luka.

Meningkatkan kinerja otak

Studi pada tikus menemukan bahwa royal jelly dapat meningkatkan fungsi otak dengan menurunkan hormon stres, meningkatkan memori, dan mengurangi depresi. Bahkan pada sebuah percobaannya juga ternyata mampu menghilangkan senyawa dalam otak yang dianggap sebagai pemicu dari penyakit Alzheimer pada kelinci.

Mengurangi efek samping dari pengobatan kanker

Manfaat royal jelly yang cukup menjanjikan adalah khasiatnya dalam mengurangi efek samping dari pengobatan kanker, seperti gangguan pencernaan, risiko peningkatan penyakit jantung, dan sebagainya.

Mengatasi premenstrual syndrome (PMS)

Tidak hanya mengurangi dampak dari menopause, manfaat royal jelly lainnya adalah mampu mengatasi gejala dari PMS yang umum muncul sebelum wanita mengalami menstruasi.

Add a Comment