Pesan Presiden Jokowi Untuk Pemuda Di Hari Sumpah Pemuda

Primaberita – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut memperingati Hari Sumpah Pemuda yang dirayakan pada Senin (28/10/2019). Jokowi tampak melontarkan ajakan untuk para generasi muda tepat di hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Dalam ajakannya Presiden Jokowi memberikan pesan untuk generasi muda sebagai penerus bangsa.

Sumpah Pemuda dirayakan setiap 29 Oktober 2019 untuk memperingati semangat persatuan pemuda-pemudi Indonesia. Diketahui, Kongres Pemuda II digelar sebelumnya pada 27-28 Oktober 1928.

Sementara istilah ‘Sumpah Pemuda’ tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Penetapan peringatan Sumpah Pemuda terjadi pada masa pemerintahan Presiden pertama, Ir. Soekarno pada 1959.

Ditetapkan setiap 28 Oktober Hari Sumpah Pemuda diperingati melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Sumpah Pemuda sendiri dimaknai sebagai peringatan bersatunya para pemuda yang bergerak bersama untuk berjuang menuju Indonesia merdeka.

Sementara dalam Kongres II tersebut memiliki tiga rumusan masalah sebagai berikut:

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Terkait : Hari Sumpah Pemuda : BEM Seluruh Indonesia Demo Tuntut Jokowi

Tampak sejumlah pemuda mengangkat satu tangannya sebagai simbol menunjukkan semangat. Digambarkan, sejumlah pemuda berdiri dengan latar bendera merah putih. Dalam poster tersebut, juga terdapat tertanda dari Jokowi sebagai presiden.

Pesan Presiden Jokowi untuk pemuda supaya para pemuda bisa menggerakan Indonesia menjadi lebih baik, hari ini hingga yang akan datang.

“Sudah 91 tahun berlalu, tapi ikrar pemuda Indonesia dari seluruh Nusantara yang berkumpul pada 28 Oktober 1928 itu tetap menggema hari ini.

Saya mengajak para pemuda bergandengan tangan, menggerakkan Indonesia, sekarang dan yang akan datang.

Di tangan pemuda lah negara ini akan maju,” ujar Jokowi.

Add a Comment