Peluang Usaha Online: 20++ Ide Usaha Menjanjikan Yang Bisa Kamu Kerjakan di Rumah

Peluang usaha online

Banyak Peluang Usaha Online yang cukup menjanjikan ternyata hanya di pandang sebelah mata oleh beberapa orang. Apa lagi, mereka masih awam akan bisnis online, maka beberapa peluang bisnis di depan mata pun hilang seketika.

Banyak orang yang hanya bermodalkan laptop atau komputer di rumah bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta setiap bulannya hanya dengan duduk dirumah. Di tahap ini, mereka memang sudah benar-benar serius untuk mengembangkan bisnis online yang mereka kerjakan.

Lalu, apa saja yang harus kamu siapkan untuk memulai usaha online ini dirumah? Berikut ini.

  • Ide Bisnis Online yang matang
  • Laptop atau komputer
  • Koneksi ke internet
  • Doa & Niat

Jika hal-hal diatas sudah kamu miliki, maka kamu bisa memulai menjalankan ide bisnis yang kamu miliki tersebut.

Kamu perlu mempelajari tentang cara marketing online agar nantinya, target yang kamu impikan akan lebih mudah kamu raih.

Berikut peluang usaha online ataupun bisnis yang dapat anda kerjakan tanpa perlu keluar dari rumah.

1. Online Freelancer

Banyak pekerjaan yang diberikan secara online pada zaman sekarang. Carilah pekerjaan sesuai dengan skill dan kemampuan anda. Jika pekerjaan tersebut selesai dan memuaskan, maka kamu akan dibayar oleh pemberi project.

Untuk melakukannya, kamu bisa mendaftar ke beberapa situs freelance. Beberapa rekomendasi adalah.

  • Sribulancer.com
  • Studentjob.co.id
  • Freelancer.co.id
  • Projects.co.id
  • dan masih banyak lainnya

2. Dropship

Kamu hobi jualan? dan tidak memiliki stock barang untuk dijual? Sistem Dropship pantas untuk kamu lakukan. Bisnis online rumahan dengan sistem dropship memungkinkan kamu menjual produk tanpa harus memiliki barang real.

Sistem ini pada dasarnya paling lumrah untuk dilakukan orang banyak. Kebanyakan menyasar ke ibu rumah tangga yang ingin berbisnis. namun tidak menutup kemungkinan kaum pria juga banyak mengerjakannya.Silahkan mendaftar di beberapa situs tersebut atau silahkan mencari referensi terlebih dahulu sebelum memulai.

3. Reseller

Selain Dropship, kamu juga bisa mencoba sistem Reseller jika memiliki modal yang cukup. Tahu kan bedanya Dropsip vs Reseller? Jika Dropship tidak membutuhkan stock, Reseller justru sebaliknya. Itulah perbedaannya.

Memulai bisnis online reseller produk, kamu bisa menyediakan stock baju, sepatu, celana, tas, atau apa saja. Kamu bisa menjualnya melalui facebook, marketplace atau website sendiri.

4. Affiliate

Affiliate program adalah sistem menjual barang dengan mereferensikan teman untuk membeli. Jika orang lain membeli barang atau produk tersebut melalui referensi kamu, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan aturan si pemiliki bisnis.

Sistem Affiliate merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan. Apa lagi, jutaan website telah menyediakan sistem affiliasi semacam ini. Berbagai produk offline atau produk online bisa kamu jual untuk mendapatkan komisi. Namun ingat, kamu juga harus berhati-hati untuk mengikuti program affiliasi.

Berikut ini beberapa program affiliasi yang bisa kamu ikuti.

  • Niagahoster – Produk digital
  • Lazada Affiliate
  • Blibli Affiliate

Dan masih banyak lagi situs website raksasa yang menyediakan sistem affiliate untuk produk yang mereka jual. Silahkan mencari referensi sesuai dengan karakter website anda.

5. Kursus Online

Kursus online saat ini sangat di minati. Beberapa pakar digital bahkan menyebutkan di tahun 2018 ini, akan menjadi trend belajar online. Salah satu situs website belajar online terbesar di Indonesia misalnya, Ruangguru. Saat ini mendominasi untuk kelas kursus online.

Nah bagaimana dengan kamu. Apa kelebihanmu dalam hal pendidikan. Jika kamu mahir dalam bahasa inggris, mandarin, jerman, matematika, musik atau apa saja, kamu bisa mencoba membuka kursus online. Caranya cukup simple. Kamu bisa memulai membuat website atau mengupload vidio di youtube agar calon murid kamu lebih percaya akan keahlianmu.

6. Content Writter

Menulis dan dibayar? kenapa enggak! Apa lagi, kamu jago dalam hal menulis artikel. Maka bisa dipastikan kamu tidak akan kesusahan dalam mencari uang tambahan.

Kamu bisa menjual artikel yang kamu buat ke orang lain. atau bahkan menulis dan dibayar. Beberapa situs website besar bahkan menawarkan harga yang cukup menarik untuk tulisanmu. Silahkan coba masuk ke beberapa website ini.

  • Babe
  • Jalantikus.com
  • UCweb

Nah, bagaimana? tertarik untuk menulis?

7. Membuat Toko Online

Membuat toko online lalu menjual produk yang anda miliki merupakan cara paling ampuh untuk berbisnis online. Toko online atau eCommerce memang sedang melaju pesat di indonesia belakangan.

Dengan membuat toko online sendiri, kamu akan menjadi pebisnis online profesional. Sehingga calon pembeli pun bisa lebih percaya dengan jualanmu jika menggunakan toko online profesional. Disini kamu bisa memanfaatkan peluang online shop menjadi bisnis yang gurih.

8. Blogger Profesional

Menjadi blogger profesional adalah hal yang paling mudah untuk kamu lakukan. Banyak para blogger master yang telah menghasilkan puluhan juta hingga ratusan juta dalam sebulan hanya bermodalkan menjadi blogger.

Kamu bisa memanfaatkan iklan PPC, PPA, Affiliate di blog kamu untuk mendapatkan pengasilan. Bahkan, sering sekali banyak brand besar yang ingin di review di blog personal dan di bayar sesuai dengan kualitas situs itu sendiri. Bagaimana? Tertarik?

9. Menjual Jasa

Menjual jasa cara paling efektif untuk bermodalkan bisnis online dari rumah. Sesuai dengan keahlianmu. Jika kamu memiliki skill di bidang desain, jual jasa desain, jika kamu ahli di bidang sosial media, jual jasa social media, jika kamu ahli di bidang pembuatan website, software, aplikasi, marketing atau apa saja, jual keahlianmu tersebut untuk mendapatkan uang tambahan.

10. Menjual Produk dari Keahlian

Kamu memiliki produk dari keahlian yang kamu punya? Jual! Apakah itu ebook, buku, hasil desain, software atau aplikasi atau apa saja produk yang kamu hasilkan dari keahlian kamu.

Jika kamu ingin menjualnya, beberapa marketplace digital bisa kamu coba pasarkan.

  • Themeforest.net – untuk produk desain website
  • Codecanyon.net – untuk software atau aplikasi
  • Videohive.net – untuk video
  • Audiojungle.net – untuk audio
  • Graphicriver.net – untuk desain grafis
  • photodune.net – untuk foto
  • 3docean – untuk 3d, game, animasi, dan lainnya.

Namun perlu kamu ketahui, di marketplace diatas, 90%+ adalah para profesional dalam bidang masing-masing.

11. Copywriter

Copywriter sedikit berbeda dengan content writer. Copywriter lebih ditujukan pada content untuk marketing sebuah produk.

Kunci keberhasilan penjualan sebuah produk terletak pada teknik ia menyihir kata-kata untuk menjual produk tersebut.

Pekerjaannya..

  • Menulis teks iklan
  • Menulis halaman landing page

Yang bertujuan untuk merayu orang lain untuk membeli produk tersebut.

12. Translator

Punya keahlian di bidang translator? Bisnis di internet tanpa modal ini bisa kamu lakukan untuk usaha sampingan kamu dari rumah. Translator juga bisa untuk bisnis ibu rumah tangga yang tidak memakan waktu banyak.

Baik itu translator Indonesia – Inggris atau pun sebaliknya. Jasa penerjemah sangat dibutuhkan belakangan ini. Beberapa marketplace yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual jasa ini adalah.

  • Fiverr.com
  • OneHourTranslation.com
  • Ads.id

Beberapa agency, blogger atau kalangan profesional juga membutuhkan jasa translator untuk artikel mereka. Maka dari itu, bisnis kecil menguntungkan ini bisa kamu lakukan dengan mudah.

13. Menerbitkan eBook atau Buku Asli

Saat ini menjadi seorang penulis bukanlah hal yang tidak mungkin. Jika dulu menulis sebuah ebook saja kita harus memikirkan desain cover, isi dan sebagainya. Kini, hal tersebut bisa kita lakukan dengan bantuan beberapa situs website.

Jika kamu memiliki keahlian untuk menjajal bisnis online menulis dan menerbitkan ebook atau buku. ada beberapa website yang bisa kamu gunakan.

  • kdp.amazon.com
  • Nulisbuku.com

Nulisbuku.com salah satu website lokal yang bisa membantu kamu mewujudkan impian tersebut.

14. Pelatihan & Konsultasi

Hal ini yang paling menyenangkan. Jika kamu memiliki skill, pengalaman atau pengetahun dalam suatu bidang. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka pelatihan atau konsultasi kepada mereka yang belum mengerti.

Jika pelatihan, tentu ada harga yang bisa kamu terapkan untuk durasi pelatihannya. Begitu pula untuk konsultasi. Kamu bisa menerapkan harga tertentu untuk berkonsultasi dengan calon klien kamu.

Artinya, kamu hanya bicara dan dibayar. Menyenangkan bukan?

15. Menjadi YouTuber

Mendokumentasikan setiap kegiatan atau keahlian kamu lalu menguploadnya di youtube dan mendapatkan uang adalah hal yang paling menyenangkan untuk bisnis dari internet. Apa lagi, jumlah viewrs dan langganan kamu sudah banyak, maka akan lebih mudah meraup uang saat menjadi youtuber.

Maka tak heran jika penghasilan seorang youtuber bisa mencapai puluhan hingga ratusan juga rupiah dalam sebulan.

Jika kamu seorang ibu rumah tangga yang ingin berbisnis online, kamu bisa mendokumentasikan video masak kamu, video make up, video anak atau video apa saja lalu mengunggahnya di youtube.

Kamu bisa memanfaatkan Google Adsense untuk mendapatkan uang dan Google Analytics untuk melihat data statistik video kamu.

16. Menerima Pesanan Kue

Sibuk bermain facebook tanpa hasil? Jika kamu pintar dalam membuat kue, Jadikanlah Peluang usaha online. Cobalah jual kue yang kamu buat di sosial media kamu.

Jika kamu fokus dalam menjalankannya, Bisnis online tanpa modal ini akan lancar. Tinggal, bagaimana kamu memanfaatkan internet untuk berjualan kue tersebut.

17. Menjadi Endorser IG

Salah satu peluang usaha online yang tercipta pada era digital adalah Instagram berubah menjadi magnet bisnis yang paling menjanjikan. Banyak orang yang tiba-tiba menjadi Seleb-gram dengan memanfaatkan follower mereka puluhan hingga ratusan ribu dan menjadi Endorser sebuah produk.

Menjadi Seleb-gram bukan lagi halnya harus dari kalangan artis atau lainnya. Jika kamu memiliki follower instagram yang cukup banyak, kamu bisa membuka jasa Endorser sebuah produk.

Bisnis selebgram ini biasanya mematok ratusan hingga jutaan rupiah untuk sekali posting. tergantung pada jumlah follower kamu.

18. Menjual Tanaman atau Tanaman Hias

Peluang usaha online dipadukan dengan hobi offline. Punya koleksi bibit tanaman atau tanaman hias di rumah? Jadikan itu bisnis! Menjual berbagai bibit tanaman atau tanaman itu sendiri secara online mulai berkembang pesat. Semua orang bisa membeli apa saja yang mereka inginkan di internet termaksud tanaman.

Mulai dari bibit cabe, kangkung, bayam atau sayuran lainnya dan juga tanaman hias, bunga atau jenis apa saja yang menurut kamu mempunyai nilai jual yang tinggi.

Kamu bisa memanfaatkan marketplace lokal untuk menjualnya seperti.

  • Tokopedia.com
  • Bukalapak.com
  • Shopee.com

19. Agen Tiket Online

Orang-orang setiap hari berpergian dari kota satu ke kota lainnya. Hal ini merupakan rutinitas manusia setiap harinya. Jika kamu jeli, menjadi agen tiket online pesawat, kereta atau moda transportasi lainnya merupakan bisnis sampingan yang mengentungkan.

Nah jika kamu ingin mencobanya, Khusus untuk agen tiket online untuk pesawat bisa langsung kamu coba di.

  • Tiket.com/agent

20. Jual Pulsa & Paket Data

Salah satu bisnis yang akan maju di masa depan adalah menjual paket data, pulsa, token listrik dan lainnya melalui online. Bisnis yang satu ini sangat di minati banyak orang. Karena cara kerjanya yang cukup simple dan menguntungkan serta gampang.

Apa lagi, saat ini sudah banyak aplikasi android khusus untuk aplikas ini sehingga para agent yang menjual pun di mudahkan hanya dengan menggunakan android di tangannya.

21. Kontributor Berita

Media online saat ini semakin berkembang pesat. Banyak perusahaan-perusahaan baru yang terus tumbuh di ranah media. Ini membuktikan bahwa industri ini semakin berkembang. Peluang usaha online terpopuler adalah kontributor berita ini.

Nah, banyaknya pertumbuhan media online di indonesia diikuti dengan kebutuhan berita yang selalu update. Jika kamu memiliki skil atau kemampuan dalam mengolah berita di lokasi sekitarmu, Kamu dapat menjadi kontributor di berbagai kantor berita.

Salah satu yang paling mencolok adalah NET TV. Media ini bahkan membuat program NET Jurnalism. Atau kamu bisa menghubungi media-media baru berkembang dan mintalah untuk menjadi kontributor.

Sertakan juga skil dan pengalaman kamu. Jika perlu buatlah contoh berita yang pernah kamu buat. Jika cocok, tidak menutup kemungkinan media tersebut bahkan memperkerjakanmu.

22. Bekerja Remote

Saat ini banyak sekali perusahaan yang memperkerjakan pekerja profesional dengan sistem remote. Artinya, kamu tidak harus standby di kantor atau on side. Nah, cobalah mencari pekerjaan remote dan sesuaikan dengan jadwal kamu.

Situs-situs seperti Jobstret, tia, dan situs lowongan kerja lainnya banyak yang mencari pekerja-pekerja remote yang tidak mengganggu waktu kamu.

Add a Comment