Panduan Makan Sehat untuk 5 Penyakit, Dari Jantung sampai Diabetes

primaberita-panduan-makan-sehat

Primaberita – Makan makananan sehat merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun berbeda jika penyakit sudah menyerang harus memiliki panduan makan sehat. Pada zaman sekarang ini. Semakin banyak penyakit yang dapat menyerang siapa saja, dan penyakit tersebut bersifat kronis sehingga dapat menyebabkan kematian.

Berikut panduan makan sehat untuk 5 jenis penyakit dibawah ini :

1.Penyakit Jantung Koroner

Disarankan membatasi lemak jenuh hingga 10 persen dari total kalori Anda dan lemak total tidak melebihi 25 persen dari total kalori harian. Makanan-makanan yang menyehatkan jantung dan dapat mengurangi kolesterol darah adalah makanan beserat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan; ikan, terutama ikan salmon, makarel, dan herring; dan produk kedelai, seperti tempe, tahu, miso, susu kedelai, dan tepung kedelai.

2. Penyakit Kanker

Di samping kebiasaan tidak merokok dan olahraga rutin, pilihan makanan juga dapat mengurangi risiko kanker. Saat ini, makanan yang paling ampuh dalam mencegah kanker adalah buah-buahan dan sayur dengan porsi yang lebih banyak.

3. Penyakit Hati

Penyakit hati atau liver yang sudah patah dapat meningkatkan zat amonia dalam darah, tertahannya cairan dalam perut, dan kelelahan.

Penting untuk Anda juga untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk membuat rencana pola makan yang tepat. Penderita penyakit hati biasanya disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah protein. Sebab, sebagian protein akan dipecah menjadi zat amonia. Memastikan kalori yang cukup juga penting untuk menangani penyakit ini.

4. Gagal Ginjal

Gagal Ginjal merupakan kondisi di mana ginjal sudah tidak mampu menyaring cairan dan racun sehingga menumpuk di dalam tubuh. Jika penderita sudah mengalami gejala akut, kemungkinan dia harus menjalani diet rendah karbohidrat, protein dan cairan untuk proses penyembuhan.

Lain halnya dengan batu ginjal yang menganjurkan penderitanya untuk meminum lebih banyak air, penderita gagal ginjal harus membatasi jumlah konsumsi air. Selain itu jika penderita juga mengalami tekanan darah tinggi, konsumsi garam dalam makanan pun dibatasi di samping jumlah cairan yang diminum.

3.Penyakit Diabetes

Asosiasi Diabetes Amerika merekomendasikan penderita diabetes untuk mengatur pola makannya bersama dengan ahli gizi untuk perawatan lebih lanjut. Lebih dari 90 persen orang dewasa penderita diabetes terkena diabetes tipe 2. Diabetes jenis ini merupakan diabetes yang tidak bergantung pada zat insulin (zat yang mengendalikan gula darah). Maka dari itu, makanan yang dianjurkan adalah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, serta biji-bijan.

Add a Comment