primaberita-minum-jus-setelah-makan-udang
Kesehatan Kuliner

Minum Jus Jeruk Setelah Makan Udang Bisa Keracunan, Benarkah?

Primaberita – Saat sedang berada di restoran seafood dengan menu seperti ikan, udang, cumi atau kepiting. Kombinasi yang paling pas itu jus jeruk karena menyegarkan. Hingga beredar sebuah isu yang mengatakan minum jus jeruk setelah makan udang bisa keracunan. Hal ini disebabkan oleh kandungan arsen pada udang yang bisa tercampur dengan vitamin C pada es jeruk.

Kombinasi keduanya disebut-sebut bisa menjadi bahaya untuk tubuh, benarkah?. Vitamin C dalam jus jeruk bisa memicu reaksi senyawa arsenik yang menjadi racun yang mematikan. Arsen terdiri dari dua jenis, yaitu arsen anorganik dan arsen organik. Arsen anorganik adalah senyawa logam yang dapat ditemukan pada air tanah, sedangkan arsen organik ditemukan pada makhluk laut dan beberapa makhluk daratan.

Baca juga : Hati-Hati ! Terlalu Banyak Minum Air Bisa Mengakibatkan Kematian

Arsen anorganik bersifat toksik, jika tertelan dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan gangguan pada saluran cerna, kardiovaskuler dan sistem saraf, bahkan dapat menyebabkan kematian, sedangkan arsen organik bersifat kurang toksik dibanding anorganik.

Sajian laut, termasuk udang, mengandung sejumlah senyawa arsen organik dalam bentuk arsenobetain. Di dalam tubuh, senyawa arsenobetain akan disekresikan dalam bentuk utuh, tidak menimbulkan efek toksik dan juga tidak terjadi reaksi dengan vitamin.

Keracunan dapat terjadi jika udang yang dikonsumsi tercemar oleh arsen anorganik. Jika perairan atau habitatnya tercemar oleh arsen. Tanpa dikonsumsi dengan vitamin C pun (pH 6,4-6,6) tetap dapat menyebabkan keracunan karena arsen anorganik yang masuk bereaksi dengan asam lambung. Bila dikonsumsi bersamaan maka reaksinya semakin signifikan, karena dengan adanya vitamin C akan meningkatkan derajat keasaman lambung.

Terkait : Bahaya, Jangan Makan Buah Ini Secara Bersamaan Berakibat Fatal

Bagi Penderita Kanker, Ini Tips Aman Makan Buah Dan Sayuran Segar

Nah dari penjelasan diatas sudah tahu kan jika minum jus jeruk setelah makan udang tidak berbahaya. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pilihlah udang yang masih segar dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan.