Minum Air Dingin Ternyata Beresiko

Prima berita – Di tengah cuaca yang begitu terik dan panas, tentu saja kita pasti akan tergoda untuk minum air yang dingin. Selain untuk menghilangkan dahaga, banyak orang minum minuman dingin untuk menyegarkan tubuh akibat cuaca yang terik.

Air dikenal dapat mengembalikan cairan tubuh yang terdehidrasi saat melakukan aktivitas. Tetapi walaupun dapat mengembalikan cairan tubuh saat dehidrasi, air dingin juga menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan, apalagi jika terlalu banyak meminumnya.

Sebaiknya, perhatikanlah suhu air yang kita minum. Air yang bagus bagi tubuh adalah air dengan suhu yang tidak terlalu rendah dan terlalu tinggi. Air yang terlalu dingin bisa-bisa menyakiti gusi atau sistem pencernaan. Oleh karena itu, usahakan untuk meminum air dengan suhu yang sama dengan ruangan.

Agar bisa lebih waspada terhadap dampak buruk yang ditimbulkan oleh air dingin, ini dia beberapa risiko dari minum air dingin berlebihan.

Menurunkan detak jantung

Air dingin bisa menurunkan detak jantung. Air dingin merangsang saraf kranial kesepuluh, yaitu saraf vagus yang berperan penting dalam menurunkan ritme detak jantung. Ketika saraf ini terangsang, tentu saja tidak menutup kemungkinan detak jantung akan menurun. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak terlalu sering meminum air dingin demi menjaga kesehatan.

Sistem pencernaan memburuk

Selain menurunkan detak jantung, seperti yang dilansir dari NDTV Food, air dingin bisa membuat kontraksi pada pembuluh darah. Kontraksi tersebut ternyata berpengaruh besar terhadap proses pencernaan ketika menyerap nutrisi. Saat mengkonsumsi air dingin, fokus tubuh berubah, yaitu menormalkan kembali suhu tubuh. Normalnya, tubuh memiliki suhu 37°C, ketika meminum air dengan suhu yang lebih rendah, tubuh membutuhkan energi ekstra untuk mengembalikan suhu tubuh. Oleh karena itu, ketika minum air dingin, proses pencernaan akan tidak maksimal dalam penyerapan vitamin dan nutrisi.

Minum air dingin saat cuaca panas memang memiliki manfaat dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat produksi keringat. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa ada bahaya yang mengintai jika terlalu sering meminum air dingin atau air es.

baca juga : RUTIN KONSUMSI, BUAH INI BISA MENCERAHKAN KULIT

Add a Comment