Sains Serba Serbi

Kurangi Pemakaian Barang Olahan Plastik Dengan Cara..

PrimaBerita – Beberapa dari kita mungkin masih sering menggunakan botol, sedotan dan kantong plastik hanya untuk beberapa jam saja. Padahal, barang-barang olahan plastik seperti itu memerlukan waktu lama untuk terurai dan menyumbang cukup besar bagi pencemaran sampah plastik di lingkungan sekitar.

Pilihan paling mudah, kita harus mulai mengurangi penggunaan plastik agar membawa dampak positif pada kesehatan dan kelestarian lingkungan sekitar. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mudah mengurangi penggunaan plastik:

Kurangi penggunaan sedotan

Sedotan berbahan plastik mulai dilarang secara perlahan di restoran di seluruh dunia. Ganti dengan sedotan kertas yang bisa didaur ulang atau gunakan sedotan logam dan kaca yang bisa dicuci dan digunakan kembali.

Membawa Botol Minuman Sendiri

Selalu bawa botol minuman sendiri ketika bepergian. Hal ini untuk menghindari membeli minuman dalam botol atau gelas plastik. Dengan begitu, sampah plastik pun dapat berkurang.

Daur Ulang

Tidak semua plastik bisa didaur ulang. Namun, beberapa barang, seperti botol minuman dan pot tanaman dapat dilakukan proses recycle. Kreasikan sampah plastik menjadi hiasan atau barang lain yang dibutuhkan di rumah.

Batasi Pembelian Lewat Online

Barang-barang yang dikirim ke rumah anda, terkadang dibungkus dengan plastik. Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan plastik adalah dengan membatasi pembelian online. Anda bisa membeli kebutuhan di toko terdekat lalu membawanya dengan tote bag tanpa kantung plastik.

Gunakan Tas Belanja Kokoh

Gunakan tas pengganti yang kokoh kemudian simpan di mobil atau tas sehari-hari anda agar siap digunakan setiap saat, seperti tas tote bag.

Memasak untuk diri sendiri

Saat memasak di rumah dengan bahan segar, hindari makan makanan siap saji dan kemasan yang menggunakan barang olahan plastik . Hal ini akan mengurangi konsumsi plastik, menghemat pengeluaran, dan juga lebih sehat untuk tubuh anda.