Kebiasaan Yang Dianggap Sepele Dalam Membangun Kekayaan

primaberita - bangun kekayaan

PrimaBerita – Banyak orang yang memiliki asumsi bahwa untuk menjadi kaya, kamu hanya perlu untuk bekerja di perusahaan yang sudah besar dan mapan. Kenyataannya adalah, kamu perlu membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan menggunakan uang dengan baik, tidak peduli seberapa gajimu atau batas tertentu. Berikut cara dalam membangun kekayaan

Hindari berutang

Jika kamu berutang, lama kelamaan utang itu akan terus bertambah jika kamu tidak membayarnya tepat waktu dan kamu pun akan memiliki kebiasaan untuk berutang. Jika kamu menggunakan kartu kredit, akan lebih baik jika kamu mengatur pembayaran otomatis di setiap kartu kredit yang kamu miliki dan pastikan saldo di ATM kamu mencukupi.

Jangan selalu membayar kenyamanan

Generasi kita terbiasa untuk membayar kenyamanan. Untuk mendapat kenyamanan ini tentu saja kita harus merogoh kocek yang lebih banyak. Sebisa mungkin, kita harus menghemat pengeluaran kita.

Salah satu caranya adalah membatasi budget pengeluaran kita per bulan. Kita dapat mengatur beberapa jumlah uang untuk apa saja, kurangi hal-hal yang kurang dibutuhkan. Jika kamu sudah disiplin terhadap budgeting yang kamu lakukan tiap bulan, kamu akan terbiasa dan lebih mudah untuk mengetahui mana yang penting dan tidak terlalu dibutuhkan.

Hidup sederhana

Kesuksesan dan kebahagiaan dapat digambarkan sebagai mobil mewah dan rumah yang megah. Terkadang hal itu benar, namun banyak juga orang sukses yang hidup sederhana. Hidup sederhana adalah hal yang baik untuk dilakukan, tidak peduli seberapa uang yang kamu miliki.

Memulai side hustle

Side hustle adalah cara untuk mendapatkan uang lebih di luar pekerjaan utama kamu. Dalam membangun kekayaan walaupun kamu merasa sudah sangat baik dan nyaman di dalam pekerjaanmu, kamu tetap harus mencoba beberapa hal lain yang mungkin dapat menguntungkan. Jika kamu berpikir kamu tidak punya cukup waktu, berarti kamu tidak menggunakan waktu yang kamu punya secara bijaksana.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memulai side hustle. Tidak harus melakukan part-time job, salah satu caranya adalah melakukan proyek yang masih sanggup kamu pertanggungjawabkan di luar pekerjaanmu.

Menjual barang yang tidak terpakai

Sambil membereskan tempat tinggalmu, kamu bisa sambil menyisihkan barang-barang yang sudah tidak kamu pakai. Daripada barang tersebut jadi mubazir, lebih baik kamu memasarkannya melalui marketplace di internet. Uang yang kamu dapatkan bisa kamu simpan untuk menambah saldo di tabungan-mu.

Baca juga: Pesan Presiden Jokowi Untuk Pemuda Di Hari Sumpah Pemuda

Add a Comment