Jokowi Minta Maaf Soal Susunan Kabinet Indonesia Maju

primaberita-jokowi-minta-maaaf

Primaberita – Presiden Jokowi minta maaf soal susunan kabinet yang jika ada pendukungnya yang tidak terakomodasi untuk masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

“Mungkin sebagian yang hadirĀ ada yang kecewa. Mohon maaf tak bisa mengakomodasi semuanya,” kata Jokowi. Turut hadir dalam acara itu kader Pemuda Pancasila yang juga Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang ( OSO).

Baca juga : Pesan Presiden Jokowi Untuk Pemuda Di Hari Sumpah Pemuda

Presiden Jokowi membagi 34 menteri tersebut dari dua kalangan, yaitu kalangan profesional dan kalangan partai politik. Namun, tak semua pihak terakomodasi dalam Kabinet Indonesia Maju. Beberapa pendukung Jokowi ketika Pilpres 2019 tak masuk dalam jajaran anggota kabinet. Jokowi menyadari banyak pihak yang kecewa dengan susunan Kabinet Indonesia Maju.

Ia menjelaskan, jumlah menteri hanya 34 anggota, sehingga tidak semua nama yang diusulkan bisa masuk ke dalam barisan kabinet. Jokowi minta maaf dan menyebut bahwa ia menerima sampai 300 lebih nama untuk dipertimbangkan menjadi menteri.

Oleh karena itu, penyusunan kabinet bukanlah pekerjaan yang mudah. Jokowi mengatakan, selain mempetimbangkan kapasitas para calon, ia juga turut mengkalkulasi keterwakilan daerah, suku, agama. Ia juga harus menghitung proporsi antara parpol dan profesional.

Baca juga : Film Joker Memakan Korban! Pemuda Rusia Live Bunuh Diri

Pabrik Ditutup, GM Resmi Hentikan Penjualan Chevrolet Di Indonesia

“Oleh sebab itu, saya sadar mungkin yang senang dan gembira karena tewakili di kabinet itu hanya 34 orang yang dilantik. Yang kecewa berarti lebih dari 266 orang. Artinya yang kecewa pasti lebih banyak dari yang senang,” kata dia.

Add a Comment