Jokowi-Ma’ruf Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024, Sah..

primaberita-Jokowi-Ma'ruf-resmi-jadi-presiden-wakil-presiden

Primaberita – Minggu, 20 Oktober 2019 JokowiMa’ruf resmi jadi presiden-wakil presiden Republik Indonesia. Pelantikan Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang telah dilaksanakan pada hari minggu kemarin adalah bukti sah bahwa 5 tahun kedepan yang memimpin negara kesatuan republik Indonesia adalah Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin.

Pada acara pelantikan tersebut Joko Widodo dan Ma’ruf Amin mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Dengan demikian, Jokowi-Ma’ruf resmi jadi presiden-wakil presiden periode 2019-2024.

Pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2019 digelar di kompleks MPR/DPR. Pelantikan Jokowi-Ma’ruf dihadiri oleh sebagian besar anggota MPR RI periode 2019-2024.

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf ini dihadiri oleh tokoh-tokoh dan pejabat negara. Tampak ada Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Lawan Jokowi di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga hadir.

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma’ruf dimulai pukul 15.30 WIB. Pembukaan ini molor 1 jam dari jadwal sebelumnya, yakni pukul 14.30 WIB.

Acara dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Kemudian akan dilanjutkan dengan pembacaan keputusan KPU berisi penetapan Jokowi-Ma’ruf sebagai pemenang Pilpres 2019 akan dibacakan. Selanjutnya Jokowi dan Ma’ruf Amin akan membacakan sumpah mereka.

Pengucapan sumpah berlangsung saat sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru diikuti oleh Ma’ruf Amin.

Berikut ini isi sumpahnya

Sumpah Presiden

Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Sumpah Wakil Presiden

Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Add a Comment