Jangan Sepelekan, Inilah Penyebab Pilek

Prima Berita – Pilek merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan atas seperti hidung dan nasal, sinus paranasal, tenggorok atau kerongkongan (faring), dan bagian laring di atas pita suara. Penyakit ini menyebabkan saluran napas dan hidung menghasilkan lendir atau ingus dalam jumlah banyak.

Faktanya, virus pilek bukan hanya satu atau dua jenis saja. Ada lebih dari 200 virus yang bisa menyebabkan pilek. Namun, human rhinovirus (HRV) adalah yang paling sering menyerang manusia. Rhinovirus paling sering menyebabkan pilek karena sangat mudah menular dari satu orang ke lainnya. Virus lain yang dapat menyebabkan pilek meliputi respiratory syncytial virus (RSV), adenovirus, human parainfluenza virus, dan human metapneumovirus. Selain lewat perantara udara, virus pilek juga dapat menyebar lewat kontak fisik seperti:

Makan sepiring berdua

Makan sepiring berdua dan saling icip-mencicip makanan tentu tidak asing lagi di antara kerabat. Namun jika teman atau pasangan sedang pilek, makan minum bareng-bareng bisa membuat kalian ikut ketularan. Robert W.Dolan, dokter spesialis THT dari Lahey Clinic, Burlington, Amerika Serikat menganjurkan untuk tidak memakai peralatan makan seperti gelas, sendok, hingga piring bergantian dengan orang yang sakit agar tidak ketularan pilek. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakitnya menyebar semakin luas pada orang-orang di sekitar.

Menyentuh ingus penderita

Baik sengaja atau tidak, menyentuh tisu atau sapu tangan bekas orang yang buang dahak, ludah, atau ingus dapat memperbesar peluang ketularan pilek. Terlebih jika setelah itu tidak segera mencuci tangan dan langsung memegang wajah. Orang yang sedang sakit pilek sangat dianjurkan untuk memakai masker agar tidak menularkan penyakitnya. Hindari juga membuang tisu bekas ingus sembarangan. Langsung buanglah di tempat sampah. Jangan lupa rajin cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setiap bersin, batuk, atau membuang ingus. Orang yang sehat sebaiknya juga menggunakan masker untuk menghindari tertular virus penyebab pilek.

Menyentuh permukaan benda

Virus penyebab pilek bisa menempel dan berkembang biak pada permukaan benda yang ada di sekitar kita. Tanpa pernah disadari, handphone, gagang pintu, gagang telepon, keyboard komputer, hingga handuk sering menjadi sarang virus penyebab penyakit seperti pilek. Jika kalian tiba-tiba pilek, penyebabnya mungkin karena kalian pernah menyentuh permukaan benda yang pernah kecipratan air liur dari seseorang yang terkena pilek.

Add a Comment