Lifestyle Serba Serbi

Hindari duduk terlalu lama, Ini 5 Bahaya nya.

Primaberita – Ternyata duduk terlalu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius loh. Hindari duduk terlalu lama karena akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Studi menyebutkan orang-orang yang terjebak dalam pekerjaan menetap akan berisiko dua kali lipat  jenis tertentu kanker usus besar.

Hindari duduk terlalu lama sekarang juga sebelum ke 5 bahaya ini menyerang mu.

1. Penyakit Jantung

ketika posisi duduk lama maka tubuh akan menjalankan metabolisme lambat. Darah yang mengalir dalam tubuh berjalan lebih lambat sehingga menyebabkan otot tidak bisa membakar kalori seperti lemak. Resiko panjangnya adalah lemak akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan gangguan jantung.

2. Penyakit Diabetes

Duduk berjam-jam bisa merugikan bagi tubuh dalam menangani gula darah. Hal ini membuat sensitivitas insulin berkurang, dimana insulin memiliki tanggung jawab dalam membawa glukosa dari darah ke dalam sel dan dijadikan energi setelahnya.

3. Penyakit Pembekuan Darah

Duduk terlalu lama akan menyebabkan bagian pembuluh darah di kaki tidak beraktivitas dengan baik. Hal ini juga bisa menyebabkan pergelangan kaki menjadi bengkak dan munculnya varises di sekitar bagian kaki.

4. Penurunan Fungsi otak

Otot yang aktif memompa darah segar dan oksigen ke otak dan memicu segala macam bahan kimia yang meningkatkan suasana hati. Ketika memiliki gaya hidup yang aktif, semuanya bisa lambat masuk ke otak.

5. Kanker

Aktivitas fisik yang rendah, berisiko kematikan akibat penyakit jantung dan kanker. Beberapa bahaya kesehatan duduk berjam-jam bisa mengembangkan corpus uteri, kanker jantung, usus besar dan ovarium.
Dari beberapa jenis kanker yang disebutkan terlihat jelas kalau wanita lebih sering diserang.

Bahkan dalam jangka panjang semua masalah ini bisa menjadi lebih parah karena menyebabkan pembekuan darah dan berhubungan dengan resiko penyakit jantung atau efek langsungnya adalah anda sering kesemutan. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh harus dilakukan dengan benar dan mulai menghindari duduk terlalu lama. Kalau terpaksa duduk lama bisa diselingi dengan aktivitas lain yang membuat tubuh jadi aktif.