Gelar Selir Thailand, Sineenat Wongvajirapakdi, Dicabut Hanya Karena..

primaberita - sineenat wongvajirapakdi

PrimaBerita – Raja Maha Vajiralongkorn mengejutkan publik Thailand setelah mencabut seluruh gelar dan pangkat selirnya Sineenat Wongvajirapakdi. Alasannya, Sineenat dianggap tidak patuh dan mengancam posisi ratu Thailand.

“Selir kerajaan Sineenat tidak tahu berterima kasih dan tidak bersikap sesuai dengan jabatannya. Dia juga merasa tidak puas dengan jabatannya, melakukan segala cara untuk naik ke tingkat ratu,” ujar pernyataan kerajaan.

Berikut adalah 4 fakta soal drama selir Thailand:

Berpangkat mayor jenderal, pilot terlatih, perawat, sekaligus pengawal

Sineenat Wongvajirapakdi lahir pada 26 Januari 1985 di provinsi Nan, utara Thailand. Dia adalah lulusan fakultas perawat di Universitas Perawat Militer pada 2008. Karier pertamanya adalah menjadi perawat di sebuah rumah sakit.

Pada 2015, dia bergabung dengan korps pengawal raja. Dia mengambil berbagai pelatihan militer, termasuk perang hutan dan terjun payung. Dia juga merupakan pilot terlatih. Sebelum jadi selir, pangkatnya adalah mayor jenderal.

Selir Raja Thailand pertama setelah hampir 100 tahun

Penunjukan Sineenat Wongvajirapakdi sebagai selir Raja Thailand adalah peristiwa bersejarah. Pasalnya, selama hampir 100 tahun tidak ada pengisi jabatan selir di negara itu. Raja terakhir yang memiliki selir adalah Raja Rama VI yang memerintah antara 1910 dan 1925.

Sudah lama tidak suka dengan Ratu Suthida.

Alasan pemberhentian Sineenat Wongvajirapakdi sebagai selir adalah karena konflik antara dirinya dan Ratu Suthida. Menurut pernyataan kerajaan, Sineenat telah lama tidak suka dengan Suthida dan menolaknya menjadi Ratu pada Mei lalu.

“Sineenat menunjukkan penentangan dan tekanan dengan segala cara untuk menghentikan penunjukkan ratu,” kata pernyataan kerajaan. Sineenat, kata mereka, ingin dirinyalah yang ditunjuk jadi ratu, bukan Suthida.

Wanita keempat yang diceraikan Raja Thailand

Istri pertamanya, Soamsawali Kitiyakara, dinikahi pada 1977 dan cerai pada 1993. Istri keduanya, Sujarinee Vivacharawongse, lari ke Amerika Serikat setelah diceraikan pada 1996. Sementara istri ketiganya, Srirasmi Suwadee, diceraikan pada 2014 setelah menikah selama 13 tahun.

Add a Comment